Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa

Riska Mutia Nur Putri, Akbar Nulhakim, Herman Junaidi Nasution, Riyan Saputra, Difa Ul Husna

Abstract


Peran wawasan pendidikan karakter guru PAI sangat penting dalam membentuk akhlak mulia siswa melalui pengajaran nilai-nilai Islami, teladan yang baik, pembinaan kesadaran moral, dan mendorong siswa untuk menginternalisasi dan mengaplikasikan nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan karakter, guru PAI dapat memberikan pengaruh positif, membimbing siswa untuk menjadi pribadi yang memiliki integritas, empati, tanggung jawab, keadilan, dan kejujuran, serta membantu siswa membangun hubungan yang baik dengan Allah SWT dan sesama manusia. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Hasil dari analisis ini adalah peran wawasan pendidikan karakter guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam membentuk akhlak mulia siswa. Wawasan pendidikan karakter memungkinkan guru PAI untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai moral dan prinsip-prinsip agama dalam Islam yang diperlukan untuk membentuk akhlak mulia. Saran yang dapat diberikan adalah guru PAI perlu terus mengembangkan wawasan dan pemahaman tentang nilai-nilai karakter dalam Islam serta prinsip-prinsip moral yang relevan. Mereka dapat melakukan penelitian, membaca buku, mengikuti pelatihan, dan bergabung dalam komunitas pendidikan karakter untuk memperdalam pemahaman mereka. Semakin baik wawasan dan pemahaman guru PAI, semakin efektif mereka dalam membentuk akhlak mulia siswa.

 


Keywords


Guru, Pendidikan, Karakter

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2016). AKHLAK: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Rajawali Pers.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330.

Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 335–342.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 3–11. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin

Lubis, R. R., Ikbal, M., Febrianti, N. A., Astika, F. N., & Khomisah, N. (2020). Kontruksi Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMPN. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 81–95.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muhibi, A. R. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2).

Pangestuti, T. T. A., Wulandari, R., Jannah, E. miftahul, & Farid Setiawan. (2021). Permasalahan Guru Honorer Terkait Kebijakan Penghentian Rekrutmen Guru PNS Menjadi PPPK. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.

Suhayib. (2016). Studi Akhlak. Kalimedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riska Mutia Nur Putri, Akbar Nulhakim, Herman Junaedi Nasution, Riyan Saputra, Difaul Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.