Kemampuan Pemecahan Masalah Matemtis Pada Materi Teorema Pyhtagoras Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Dan Auditorial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Sampit

Astri Rakhmawati, Istadi Istadi, Fajar Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 sampit. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa dari 31 siswa dikelas VIII ruang A, 2 subjek visual dan 2 subjek auditorial. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes soal, dan wawancara. Data diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarik kesmpulan. Pengecekan keabsahan data menguunakan teknik triagulasi. Pemecahan masalah matematis dianalisis berdasarkan 4 indikator menurut Polya yaitu: (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan masalah, (3) menyelesaikan rencana pemecahan masalah, (4) mengecek/memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan permasalahan yang diarahkan untuk mendapatkan suatu jawaban dengan cara berpikir. Berdasarkan hasil analisis data pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan langkah Polya ditinjau dari gaya belajar adalah (1) Pada subjek SV1 dengan gaya belajar visual mampu dalam memahami masalah dengan cara membaca soal didalam hati, melakukan perencanaan pemecahan masalah, mampu melakukan perhitungan dengan tepat, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. Pada subjek SV2 dengan gaya belajar visual mampu dalam memahami masalah, melakukan perencanaan pemecahan masalah, belum mampu melakukan perhitungan dengan tepat, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. (2) Pada subjek SA1 dengan gaya belajar auditorial mampu dalam memahami masalah, melakukan perencanaan pemecahan masalah, mampu melakukan perhitungan dengan tepat, dan mampu melakukan pemeriksaan kembali hanya saja pada soal nomor 1 saja. Pada subjek SA2 dengan gaya belajar auditorial tidak mampu dalam memahami masalah dengan cara membaca soal didalam hati, melakukan perencanaan pemecahan masalah, mampu melakukan perhitungan dengan tepat, dan melakukan pemeriksaan kembali.


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis Polya, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Al-hamzah, N. I., & Awalludin, A. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19 . Jurnal Pendidikan Matematika.

Andayani, F., & Lathitah, N. A. (2019). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Manyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Pendidikan Matematika, 2.

Argaini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya Pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar . Matematikan dan Pembelajaran, 98.

Arilaksmi, N. G., Susiswo, & Sulandra, M. (2021). Kemapuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika .

Irfan, M. M., Safaria, A. S., & Sagila, S. M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Konsep teorema PyhtagorasDitinjau dari Gaya Belajar. Pendidikan Matematika, 131.

Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemamuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Mteri SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Pendidikan Matematika, 2399.

Prabanitha, I. M., Sudarma, L., & Dibia, K. (2020). Korelas Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbra Ilmu, 218.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). 208.

Putra, D. H., Putri, A. W., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. Of Mathematics Education, 60.

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teori dan Riset Matematika, 188.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika . Pendidikan Matematika, 338.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Astri Rakhmawati, Istadi Istadi, Fajar Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.