Students' Perceptions on Professional Teachers at SMAN 6 Padang

niki putri yohanda, Zuwirna Zuwirna, Abna Hidayati, Zelhendri Zen

Abstract


Ketika pembelajaran di dalam maupun di luar kelas guru menjadi objek utama yang selalu dilihat peserta didik. Setiap peserta didik memiliki persepsi yang berbeda, sesuai pengalaman mereka. Peserta didik yang belajar dengan tekun akan memperoleh hasil optimal dan senang dalam belajar. Guru yang disenangi peserta didik jauh lebih mudah melaksanakan pembelajaran, karena peserta didik berpersepsi baik pada gurunya, begitu sebaliknya. Oleh karena itu, permasalahan yang dikaji penelitian ini yaitu “Bagaimana Persepsi Peserta Didik terhadap Guru Profesional di SMA Negeri 6 Padang”. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap guru profesional di SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik SMA Negeri 6 Padang. Sampel penelitian menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data, angket tertutup 50 item pertanyaan dengan model Skala Likert. Teknik analisis data penelitian adalah statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menyimpulkan persepsi peserta didik terhadap guru profesional di SMA Negeri 6 Padang adalah “Sangat Baik” persentase 85,09. Persepsi peserta didik antar kelas juga menunjukkan hasil yang berbeda dimana peserta didik kelas X memperoleh persentase 85,89 kriteria “Sangat Baik”, peserta didik kelas XI memperoleh persentase 85,22 kriteria “Sangat Baik” dan kelas XII memperoleh persentase 84,23 kriteria “Sangat Baik”.

 


Keywords


Persepsi, Kompetensi Guru, Guru Profesional.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. Jakarta Depdiknas.

Nurhasni, L. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. (Thesis). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarjono, T. (2012). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Peningkatan Efektivitas Sekolah Pasa SMP Negeri Se-Kabupaten Purwakarta. Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu.

Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Zen, Zelhendri. (2012). Penelitian Kuantitatif. Padang: UNP.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i3.5929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 niki putri yohanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.