Digital Comics Material on Human and Animal Circulatory Organs in Elementary School
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA. Guru hanya menggunakan buku tema saja sebagai acuan dalam proses pembelajaran materi organ peredaran darah manusia dan hewan. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi cepat bosan dan kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan dari produk komik digital materi organ peredaran darah manusia dan hewan pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research adn Development) dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diketahui hasil dari validasi ahli media sebesar 3,69, hasil validasi ahli materi sebesar 4,3, hasil respons guru sebesar 4,84, dan hasil respons siswa sebesar 92,2%. Berdasarkan hasil yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa komik digital materi organ peredaran darah manusia dan hewan pada siswa kelas V SD sangat layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Aini, K., & Isnaini, M. (2018). Hubungan Media Pembelajaran Komik Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 9–13. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v4i1.1728
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Ahmat, J., & Sukartiningsih, W. (2013). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 1(2), 1–9. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3025
Anggraini, E. W. N., Fanani, A., & Susiloningsih, W. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis High Order Thinking Skill Pada Tema 4 Subtema 1 Kelas V. Snhrp, April, 1202–1209. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/453%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/453/396
Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894
Bayharti, H., & Novita. (2014). Komik Berwarna sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada materi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari untuk SMA Kelas X. UNP Journal Of Chemistry Education, 2(1), 101–108.
Fanani, A., Triman, J., Imas, S. W., & Bramianto, S. (2021). Aktivitas Pembelajarna IPA SD (S. Mulyaningsih (ed.)). Penerbit Pagan Press.
Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(4), 306. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.
Lestari, A. F., & Irwansyah. (2020). Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6, 134–148. http://jurnal.utu.ac.id/jsource/article/view/1609/1726
Maritsa, A., Unik, H. S., Muhammad, W., Putri, R. A., & Muhammad, A. M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mataram, S. (2016). Bahasa Rupa Komik Wayang Karya R.A. Kosasih. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 13(1), 13–21. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/gelar/article/view/1537
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185. http://repository.lppm.unila.ac.id/43959/1/ARTICLE JPPPI.pdf
Musnur, I., & Faiz, M. (2019). Analisis Penyajian Karakter Dan Alur Cerita Pada Komik Vulcaman-Z. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(2), 339. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i2.010
Oktaviana, V., Noor, R., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Komik Biologi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 66–74.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas penggunaan media komik digital (cartoon story maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.
Rosidah, C. T., Putrayasa, I. B., Wesnawa, I. G. A., & Candiasa, I. M. (2022). Thematic comic to cultivate eco-literacy for young learners. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(3), 735–740. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2022.43.3.27
Setiaji, R. S. (2023). Berkarya Seni Visual Di Era Digital. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 5(2), 272–280. https://doi.org/10.30998/vh.v5i2.8241
Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114–126.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (Y. S. Suryandari (ed.); 5th ed.). ALFABETA.
Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196
Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., & Wulandari, F. (2021). Desain Media Pembelajaran SD/MI (S. Pertiwi (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Syarifah, U. S. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Anak Tunagrahita. 2(7), 917–924.
Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikuum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuain Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.
Wijaya, S. N., Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia Pada Materi Sistem Peredaran Darah Development Of Learning Media Of Digital Comic Based On Indonesian Heroic Character On Circulatory System Material. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(2), 67–78. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam the Effect of Powtoon Learning Media in Indonesian History Lessons in Growing Learning Motivation of Iis. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i3.5935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lenny Maulinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.