IDENTIFIKASI JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI PANTAI JERANJANG

Sri Nopita Primawati, Ismail Efendi, Marnita Marnita

Abstract


Ikan merupakan hewan vertebrata aquatis yang bernafas menggunakan insang. Oleh karena itu perubahan  pada ekosistemnya akan mempengaruhi keberadaannya. Perubahan tersebut dapat disebabkan kerusakan lingkungan oleh manusia, sehingga ikan  banyak digunakan sebagai indikator pencemaran. Untuk mengetahui pencemaran  lingkungan di pantai Jeranjang bisa dilihat dari keragaman jenis ikan dari hasil tangkapan nelayan. Namun belum adanya standarisasi ukuran morfometrik  dan  meristik khususnya pada beberapa jenis ikan hasil tangkapan nelayan yang diperlukan  sebagai  dokumentasi dan dasar identifikasi ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter morfometrik ikan hasil tangkapan nelayan di Pantai Jeranjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Metode penelitian deskriptif eksploratif merupakan metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta suatu kejadian, objek, aktivitas, proses dan manusia secara apa adanya pada waktu sekarang atau jangka waktu yang masih memungkinkan dalam ingatan responden, jenis ikan yang didapat atau ditemukan sebanyak 7 spesies, Diketahui bahwa dari 3 nelayan didapatkan 40 ekor ikan yang berbeda jenis. Masing-masing ikan memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda, meski berasal dari Kelas yang sama yakni Actinopterygii. Terdapat perbedaan panjang maupun bentuk dan struktur tubuh untuk setiap karakter morfometrik ikan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, 2014. Jenis-jenis Ikan Hasil Tangkapan Nelayan yang Didaratkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kuala Tuha Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Sumber jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/download/1040/97.

Bangsa, C.K., Sugito, Zuhrawati, Razali D, Nuzul A, Azhar., 2015. Pengaruh Peningkatan Suhu Terhadap Jumlah Eritrosit Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Jurnal Medika Veterinaria. Vol.9 No.1

Fadhil R, Zainal A. Muchlisin, Widya S., 2016. Hubungan Panjang - Berat Dan Morfometrik Ikan Julung-Julung (Zenarchopterus dispar) Dari Perairan Pantai Utara Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah Volume 1, Nomor 1: 146-159




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.