PEREKAMAN KARYA MUSIK IRINGAN TARI OLEH MAHASISWA DAN EFEKTIVITAS PEMANFAATANNYA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH MUSIK IRINGAN TARI PADA PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK UNU NTB

Yuga Anggana S

Abstract


Arah penelitian ini ialah pengembangan pembelajaran dalam mata kuliah musik iringan pada Prodi Pendidikan Sendratasik UNU NTB dengan pembuatan dan pemanfaatan karya musik iringan tari oleh mahasiswa sebagai metode stimulasi. Penemuan gambaran yang jelas tingkat efektivitas pemanfaatan karya musik iringan tari oleh mahasiswa sebagai metode stimulasi dalam peningkatan pembelajaran pada Prodi Pendidikan Sendratasik UNU NTB menjadi harapan dari adanya penelitian ini. Khususnya dalam mengawali dan menyelesaikan tugas praktik dengan cepat, melakukan penggarapan dan penyelesaian tugas praktik yang optimal, serta termotivasi dalam meraih hasil yang baik. Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk: (1) melakukan langkah-langkah pendokumentasian hasil karya musik iringan tari mahasiswa, (2) mengetahui cara pemanfaatan hasil karya musik iringan tari mahasiswa dalam pembelajaran Musik Iringan Tari, (3) menemukan gambaran yang jelas tentang efektivitas pemanfaatan perekaman karya musik iringan tari oleh mahasiswa dalam meningkatkan pembelajaran Musik Iringan Tari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (in-depth interviewing), angket, dan studi dokumenter. Validitas data dalam penelitian ini diupayakan dengan cara yang disebut triangulasi data. Analisis data mencakup tiga alur kegiatan sebagai suatu sistem, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Ketiga komponen analisis tersebut aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan hasil rekaman karya musik iringan tari oleh mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Musik Iringan Tari sangat efektif mengatasi masalah yang dirasakan mahasiswa dan menunjang pembelajaran tersebut. Efektivitas tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: (1) menambah kejelasan materi program latihan dalam mata kuliah Musik Iringan Tari, (2) memberikan gambaran awal dengan cepat tentang tugas praktik yang diberikan, (3) membantu mahasiswa dalam menemukan dan mengembangkan gagasan dengan cepat tentang tugas praktik yang diberikan sehingga bisa mempercepat dalam menuangkan gagasan, (4) sangat membantu dalam pencapaian target teknis penggarapan dan penyelesaian karya yang diharapkan, (5) sangat membantu dalam memacu dan meningkatkan motivasi bejarar mahasiswa, (6) sangat efektif sebagai cara pengarsipan dan pendokumentasian karya mahasiswa.


Keywords


Musik Iringan Tari, efektivitas musik iringan tari

Full Text:

PDF

References


Djohan, Psikologi Musik, Buku Baik, Yogyakarta, 2003.

Edi Sedyawati, Pertumbuhan Seni Pertunjukan, Sinar Harapan, Jakarta, 1981.

Ferdinandus, PEJ, Alat Musik Jawa Kuno, Yayasan Mahardhika, Yogyakarta, 2003.

Haberman Martini dan Meisel Tobei, Dance: An Art In Academe, terjemahan Ben Suharto, Yogyakarta: Diterjemahkan dan distensil untuk kalangan Sendiri dalam Lingkungan ASTI Yogyakarta, 1981.

Hadigunawan, Wawasan Seni Musik, Widya Duta, Surakarta, 1988.

Hidajat, Robby. Menerobos Pembelajaran Tari Pendidikan, Banjar Seni Gantar Gumelar, Malang, 2005.

Kussudiardja, Bagong. Apresiasi Seni Tari, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Yogyakarta, 1978.

Murgiyanto, Sal. Koreografi, Jakarta, Depdikbud, 1983.

Palgunadi, Bram. Serat Kandha Karawitan Jawi, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2002.

Poerwadarminta, Baoesastra Djawa, J. B. Wolters Uitgevers: Maatschappij N. V. Groningen, Batavia, 1937.

Robby Hidajat, Menerobos Pembelajaran Tari Pendidikan, Banjar Seni Gantar Gumelar, Malang, 2005.

Soedarso Sp., Tinjauan Seni, sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni, Saku Dayar Sana, Yogyakarta, 1990.

_______, Trilogi Seni: Penciptaan, Eksistensi, Dan Kegunaan Seni, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta, 2006.

Soedarsono, Djawa Bali: Dua Pusat Perkembangan Dramatari Tradisional di Indonesia, Gadjah Mada University Press, 1972.

_______, Masa Gemilang dan Memudar Wayang Wong Gaya Yogyakarta, Tara-wang, Yogyakarta, 2000.

Soetrisno, Sejarah Karawitan, Akademi Seni Tari Yogyakarta,Yogyakarta, 1981.

Soerjadiningrat, Babad Lan Mekaring Djoged Djawi, Kolf Buning, Yog-yakarta, 1934.

Sutandyo, Kamus Istilah Karawitan, Wedatama Widya Sastra, Jakarta, 2002.

Sumarsam, Hayatan Gamelan, STSI Press, Surakarta, 2002.

Trustho, Kendang Dalam Tradisi Tari Jawa, STSI Press, Surakarta, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuga Anggana S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.