PERILAKU HIGIENE PENJAMAH MAKANAN BERDASARKAN PENGETAHUAN TENTANG HIGIENE DI KANTIN SDN 3 KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Febrina Sulistiawati, Mawazzatun Zohrah

Abstract


Pada penelitian ini telah dilakukan kajian terhadap perilaku higiene penjamah makanan berdasarkan pengetahuan tentang higiene di kantin SDN 3 Kekait Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku higiene penjamah makanan berdasarkan pengetahuan tentang higiene di kantin SDN 3 Kekait. Penelitian initermasuk jenisdeskriptifdengan desain cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku dimana pengetahuan higiene penjamah makanan baik yaitu (100%) sedangkan perilaku higiene penjamah makanan kurang baik yaitu (33,3%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingginya pengetahuan tentang higiene tidak diikuti oleh perilaku higiene yang baik

Keywords


: penjamah makanan,tingkat pengetahuan, perilaku higiene

Full Text:

PDF

References


Afriyenti. 2002. Higiene dan SnitasiPenyelenggaraan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Jiwa Pekanbaru dan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru (Skripsi). Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 2016. Cabangkan Aksi Pangan dan Jajanan Anak Sekolah UsiaDini yang Aman, Bermutu dan Bergizi di Lombok Utara Pada Bulan November 2016.

Edinda AM, dkk. 2016.Hubungan Pengetahuan dengan Sikap dan Higiene Perorangan Penjamah Makanan Pada Penyelenggaraan Makanan Asrama Putri.

Khomsan, A. 2000.Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Bogor: Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian.

Profil Sekolah Dasar Negeri 3 Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017/2018.

Mangunsong, S.W.A., Yusuf, L., Syarif, W. 2015.Hubungan Pengetahuan Higiene Sanitasi dengan Perilaku Penjamah Makanan di Kantin SMKN 3 Muara Bungo.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v3i3.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Febrina Sulistiawati, Mawazzatun Zohrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.