INVENTARISASI MANGROVE DI PESISIR PANTAI CEMARA LOMBOK BARAT

Ali Imran, Ismail Efendi

Abstract


Mangrove merupakan karakteristik dari bentuk tanaman pantai estuari atau muarasungai, dan delta di tempat yang terlindung daerah tropis dan sub tropis. Dengan demikian maka mangrove merupakanekosistem yang terdapat di antara daratan dan lautan dan pada kondisi yang sesuai mangrove akan membentuk hutanyang ekstensif dan produktif. Karena hidupnya di dekat pantai, mangrove sering juga dinamakan hutan pantai, hutanpasang surut, hutan payau, atau hutan bakau yang berfungsi sebagai sumber kayu untuk bahan bakar juga bahan bangunan bagi manusia dan sebagai salah satu sumber plasma nutfah dan masih banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu, untuk menangani masalah sehingga kelestarian lingkungan yang ada perlu dijaga keberadaanya dengan melakukan inventarisasi sehingga produksi dapat di tingkatkan sebagaimana yang di harapkan.Penelitian bertujuan untuk mengetahui inflikasi dan inventarisasi mangrove yang terdapat di pesisir pantai cemara Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif, yang berusaha mendeskripsikan, mengambarkan situasi mengenai objek yang diteliti. Teknik pengambilan sampel yang di lakukan dengan menggunakan purposive sampling.Teknik analisis data secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabulasi data dan gambar.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa jenis mangrove yang terdapat di area Pesisir Pantai Lombok barat terdiri dari Rhizophora mucronata dengan jumlah (19), Avicennia alba dengan jumlah  (10), Sonneratia alba dengan jumlah (275), spesies Rhizophor apiculatadengan jumlah (106), Xylocarpus granatum dengan jumlah  (54) total jumlah yang didapatkan 465. Hasil dari penelitian ini dibuat modul Sistematika Phanerogamae dan telah divalidasi oleh validator dengan diperoleh hasil validasi ahli materi dan isi layak digunakan tanpa revisi dengan skor rata-rata 4,1ahli tampilan layak digunakan tanpa revisi dengan skor  rata-rata 4,2, ahli bahasa layak digunakan tanpa revisi dengan skorrata-rata 4.7 dan serta uji keterbacaan oleh 15 mahasiswa dengan skor nrata-rata 4.2 layak digunakan tanpa revisi, maka modul yang disusun layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arief, A. 2003. Hutan Mangrove Fungsi dan Manfaatnya..Yogyakarta

FAO, Rome. 1983 Hutching, P and P.Saenger.Ecology of Mangroves. University

of Queensland, London. 1987 Mann, K.H. Ecology of Coastal Waters.

Simpson, M.G. 2010.Plant Systematics.USA : Academic Press.

Nybakken.J .W, 1992.Biologi laut, suatu pendekatan ekologis. PT Gramedia, Jakarta. Hal 10

Setyawan, dkk.2002. Biodiversitas Genetik, Spesies dan Ekosistem Mangrove di Jawa Petunjuk Praktikum Biodiversitas; Studi Kasus Mangrove.

Odum, P .1996.dasar- dasar ekologi.UGM Press. Jakarta

Sudarmadji. 1998. Species Composition of Mangrove Forest atBaluran National Park. Unpublished Special Problem. Los Baños: Department of Botany, UPLB.

Sudarmadji. 2000. Vegetation Structure and Edaphic Factors of Mangrove Forest at Baluran National Park, East Java, Indonesia.[Ph.D. Dissertation]. Los Baños: University of the Philippines Los Baños.

Sudarmadji. 2003. Komposisi Jenis Mangrove di Pantai Si Runtoh Taman Nasional Baluran. Berkala Penelitian Hayati8 (2): 75-79.

Dantes, N. 2012.Metode Penelitian. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.

Tjitrosoepomo, G. 2010. Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press

Steenis, van C.G.G.J., Bloembergen, S., dan Eyma, P.J. 2008. Flora. Jakarta : PT Pradnya Paramita.

Priyanto, E.B. 2002. Pengelolaan Sumberdaya Mangrove di Kawasan Pesisir

Saopi.2014. Studi Morfometrik Polypodiaceae di Hutan Lindung Aiq Nyet, Desa Buwun Sejati untuk Penyusunan Bahan Ajar Taksonomi Tumbuhan I. Skripsi Strata-1 Pendidikan Biologi.IKIP Mataram.Mataram




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.