Efektifitas Penurunan Denyut Nadi Pemulihan Dengan Pemberian Masase Tehnik Shaking Pada Atlet Futsal IKIP Mataram

Andi Anshari Bausad, Arif Yanuar Musrifin

Abstract


Atlet yang terlatih dalam melakukan pelatihan olahraga dengan terprogam, maka denyut nadi akan lebih cepat kembali pulih asal jika dibandingkan dengan mereka atlet yang tidak terlatih. Waktu pulih yang baik adalah dengan jumlah denyut nadi dibawah 100 denyut per menit setelah 5 menit. Untuk membantu menurunkan denyut nadi, masase merupakan salah satu cara yang dapat dipakai dan efektif. Shaking atau menggoncang adalah prosedur masase yang dipakai untuk membantu para olahragawan agar otot-ototnya menjadi kendor dan bertujuan memperbaiki sirkulasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian masase tehnik manipulasi shaking pada paha bagian belakang dan betis terhadap penurunan denyut nadi pemulihan atlet futsal Ikip Mataram dan efektifitas waktu dalam penurunan jumlah denyut nadi pemulihan setelah pemberian masase tehnik manipulasi shaking pada paha bagian belakang dan betis atlet futsal ikip mataram. Penelitian ini jenis penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah one grup pre test-post test desain dan sampel penelitianya adalah atlet Futsal IKIP Mataram. Instrumen penelitian ini adalan Instrument Tes MSFT (Multi-Stage Fitnes Test), untuk aktiftas fisik Atlet Futsal Ikip Mataram, Penambilan denyut nadi pemulihan menggunakan tehnik phalpase (meraba denyut nadi) dengan penghitungan waktu 6 detik jumlah denyut nadi dikalikan 10 dan stopwacth digunakan untuk mencatat waktu penurunan denyut nadi. Analisis data dilakukan Pengujian mengunakan teknik analisis uji t menggunakan program komputerisasi progam SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 17.0. dengan taraf signifikan 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian adalah (1) Nilai signifikansi didapat nilai 0,000 (One Sample Test) apabila dibandingan dengan taraf kesalahan yang dapat ditoleransi (p value) sebesar 0,05 maka p value lebih besar (0,05 > 0,000). (2). Efektifitas waktu penurunan jumlah denyut nadi pemulihan setelah pemberian masase tehnik manipulasi shaking pada paha bagian belakang dan betis atlet futsal IKIP mataram,  1 menit lebih cepat dari 5 menit waktu maksimal yang diberikan. Kesimpulan (1) Terdapat pengaruh pemberian masase tehnik manipulasi shaking pada paha bagian belakang dan betis atlet futsal IKIP Mataram dapat memberikan terhadap efektifitas penurunan denyut nadi pemulihan setelah melakukan aktifitas fisik (2) Efektifitas waktu penurunan jumlah denyut nadi pemulihan setelah pemberian masase tehnik manipulasi shaking pada paha bagian belakang dan betis atlet futsal IKIP mataram,  1 menit lebih cepat dari 5 menit waktu maksimal yang diberikan (dari 5 menit waktu maksimal, hanya membutuhkan waktu 4 menit).

Full Text:

PDF

References


Intan Arovah, Novia. Masase dan Prestasi Atlet. Artikel diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132300162/4.%20masase%20dan%20prestasi%20atlet.pdf. Diunduh tanggal 7 Januari 2016

Herliawati Rizkika Ramadhani. Pengaruh Masase Kaki Dengan Minyak Esensial Lavender Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Primer Usia 45-59 tahun di Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Hilir. FK UNRIPalembang.Diaksesdarihttp://eprints.unsri.ac.id/29/2/makalah_untuk_seminar_nas_di_UNRI_21-22_okt_2011_a.n._herli.pdf. Diunduh tanggal 7 Januari 2016.

Janssen, Peter G.J.M. 1993. Latihan Laktat Denyut Nadi (diterjemahkan oleh Peni K.S Mutalib). Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Kusnanik, N.W., Nasution, J. and Hartono, S. 2011. Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Unesa University Press.

Maksum, Ali. 2009. Statistika Dalam Olahraga. Unesa University Press.

Roepajadi, Joesoef. 2009. Masase Olahraga. Unesa University Press.

Yanuar, Arif M. Tesis 2012. Pengaruh Pembebanan Latihan Pada Denyut Nadi Terhadap Konsentrasi Atlet Bulutangkis Pusdiklat Citra Raya Unesa. Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.