Interactive Learning Video of Two-Variable Linear Equation System Based on Gambyong Dance Ethnomathematics
Hana Kamilah, Venissa Dian Mawarsari, Martyana Prihaswati
Abstract
Proses pembelajaran yang diterapkan selama ini dinilai membosankan bagi siswa dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Akibatnya kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka perlu dirancang media pembelajaran yang sejalan dengan era perkembangan teknologi yaitu penggunaan video pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang video pembelajaran interaktif berbasis Etnomatematika Tari Gambyong yang valid. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang hanya berfokus pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis kebutuhan, serta analisis validasi dari ahli media dan ahli materi. Penelitian ini menghasilkan desain video pembelajaran interaktif yang telah divalidasi oleh ahli media dengan persentase rata-rata sebesar 94% yang tergolong sangat valid, dan oleh ahli materi dengan persentase rata-rata sebesar 94% yang juga tergolong sangat valid. Berdasarkan penilaian tersebut dapat diketahui bahwa persentase rata-rata gabungan sebesar 94% tergolong sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran interaktif yang dirancang layak untuk diujicobakan kepada siswa selama proses pembelajaran matematika.
Keywords
Learning Media, Interactive Learning Video, Ethnomathematics, Gambyong Dance.
DOI:
http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v9i4.7881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hana Kamilah, Venissa Dian Mawarsari, Martyana Prihaswati
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.