IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERMAIN PERAN (BP) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH

Asrorul Azizi

Abstract


Pembelajaran perlu memperhatikan faktor internal siswa, misalnya kemampuanmemecahkan masalah yang sangat penting artinya bagi siswa dan masa depannya. Hasil tes siswa kelas X MIA MA Darul Aminin NW Aikmual pada mata pelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan, kemampuan memecahkan masalah tergolong rendah. Hal ini terbatas pada hasil belajar masih berorientasi pada produk, yang terbatas pada penerapan pembelajaran konsep dengan hafalan. Model pembelajaran yang digunakan dalam mengatasi masalah tersebut adalah model Problem Based Learning disertai dengan Bermain Peran (PBL BP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi PBL BP ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah terhadap hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MA Darul Aminin NW Aikmual. Penelitian ini termasuk kedalam percobaan kuasi dengan menggunakan kelas eksperimen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji anava. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda. Model PBL BP dan PBL memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar yang baik dengan rata-rata nilai 3 aspek sebesar 86,46;. Kemampuan memecahkan masalah tinggi dan kemampuan memecahkan masalah rendah tidak memberikan hasil berarti terhadap hasil belajar dengan angka signifikansi ≤0,05; 3) Interaksi model (PBL BP dan PBL) dan kemampuan memecahkan masalah meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata ketiga aspek 0.436≥0,05.


Keywords


Problem Based Learning, Bermain Peran, kemampuan memecahkan masalah

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2008). Learning To Teach. Belajar Untuk Mengajar (7nd ed.). (Prayitno, & Mulyani, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, A. (2018, September). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Sainsmat, VII(2), 114-124. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dayeni, F. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, I(1), 29-36.

Dewi, P. (2012). Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Pengendalian Bakat Numerik Peserta didik SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, IV(1), 10-19.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Elyani, R., Izzati, N., & Perdana, S. A. (2019). Analisis Evektifitas Model Pembelajaran ARIAS Berbatuan LKS Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. KIPRAH, VII(2), 49-58.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: UNESA Press.

Priadi, M. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem-Based Learning Melalui Metode Eksperimen Laboraturium dan Lapangan ditinjau dari Keberagaman Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Peduli Lingkungan. Inkuiri, 217-226.

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Ketrampilan Memecahkan masalah dan Berfikir Kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 46(1), 76-86.

Sahyar, & Yulia, R. (2017). The Effect of Problem-Based Learning Model (PBL) and Adversity Quotient (AQ) on Problem-Solving Ability. American Journal of Educational Research, V(2), 179-183.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea, II(1), 29-35.

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukstivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asrorul Azizi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.