PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI APLIKASI AUTOPLAY UNTUK SISWA KELAS X MA DARUL QUR’AN

Zinnurain Zinnurain, Hadi Gunawan Sakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Melalui Aplikasi Autoplay yang layak digunakan ditinjau dari segi isi, desain, dan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Darul Quran Bengkel, Kediri, Lombok Barat. Ujicoba multimedia dilakukan oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. hasil penilaian   dari ahli isi terhadap multimedia interaktif diperoleh 95,78%, dengan kualifikasi sangat baik, sehingga secara umum tidak perlu direvisi.. Hasil penilaian dari seorang ahli desain pembelajaran sebesar 74 % dengan kategori “Baik”. Hasil penilaian dari ahli media sebesar 84,44% dengan kategori “ Baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh 92,5% dengan kategori “sangat baik”. Ujicoba kelompok besar sebesar 93,19% dengan kategori “sangatbaik”. Hasil penilaian menunjukkan multimedia pembelajaran ini cocok digunakan dalam pembelajaran sehingga kayak untuk dipergunakan lebih lanjut lagi.


Keywords


pengembangan, multimedia, ekonomi.

Full Text:

PDF

References


AlanJanuszewski & Michael Molenda, 2008. Educational Technology “A Definition with Commentary”. Washington DC: AECT.

Ariani. Niken & Dany Hariyanto, 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah : Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Borg W,R. and Gall M. D., Educational Research : An Aintroduction, 4 th edition, London: Longman Inc., 2003.

BSNP, 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dwiyogo, Waisis. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran: Media Pembelajaran Penjas dan Olahraga. FIP: Universitas Negeri Malang.

Hoftsteter, Fredt. 2001. Multimedia Literacy. New York: Mc. Grow-Hill Companies. Mayer, E Richard. 2009. Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mishra, Sanjaya. 2005. Interactive in Education and Training. Idea Grop Inc,

Rob PhilIPA. 1997. The developer’s Handbooks to Interactive Multimedia: A Paractive Guide for Educational Applications. London: Kogan Page Limited.

Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994. Intructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington DC: AECT.

Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994. Ekologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya (terjemahan). Washington DC: AECT.

Smaldino, Sharon E. 2005. Instuctional Technology and Multimedia For Learning. Eighth Edition. Columbus, Person Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zinnurain Zinnurain, Hadi Gunawan Sakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.