PENGARUH LATIHAN POLA HEXAGONAL BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN BELADIRI TARUNG DERAJAT LOMBOK TIMUR

Jamaludin Jamaludin, Hermansyah Hermansyah, Ismail Marzuki

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan atlet tarung derajat di Pusat latihan yang bertempat di SMA Muhamadiah Masbagik kabupaten lombok timur. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah “one group pretest post test design” adapun jenis perlakuan yang di berikan kepada subnyek adalah latihan Hexagonal berbasis teknologi. Tempat penelitian adalah pusat latihan tarung derajat lombok timur yang berjumlah 21 orang  atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunak tes perbuatan yaitu data tes kelincahan atlet menggunakan istrumen Hexagonal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan t paired sample test dengan SPSS 16.0. Adapun hasil penelitian berdasarkan data yang di dapatkan di lapangan adalah Nilai t hitung adalah sebesar 8.736 dengan sig 0.000 . Karena sig < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya rata-rata peningkatan kelincahan sebelum dan sesudah melakukan latihan Hexagonal dengan teknologi adalah berbeda (tiak sama). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan Hexagonal dengan teknologi mempengaruhi peningkatan kelincahan bagi atlet beladiri tarung derajat.

Keywords


Latihan Pola Hexagonal, Kelincahan

Full Text:

PDF

References


Achmad Nuryadi, 2017. Pengaruh Latihan HexagonalObstacle Terhadap Peningkatan Daya Ledak Power Otot Tungkai. WAHANA Volume 69, Nomor 2, 1 Desember 2017.

Akbar, Saifuddin2, Mansur3, 2015. Evaluasi Unsur Kelincahan Dan Kecepatan Reaksi Otot Tangan Atlet Tarung Derajat binaan Satlat Unsyiah Tahun 2013. Volume 1, Nomor 1: 45 – 53 Februari 2015.

Maksum, A., 2009. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.

Nurhasan, 2000. Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Jakarta: Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukri, Ahmad, 2019. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal Ikip Mataram. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat. Mataram.

Tim, 2017. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XI. Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta.

Maksum, A., 2009. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.

Muthiarani, A., 2017. Pengaruh Latihan Shadow Menggunakan Langkah Berurutan Dan Langkah Bersilangan Terhadap Kelincahan Footwork Atlet Bulutangkis PB. Wiratama Jaya Yogyakarta. Fakultas ilmu Keolahragaan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, Febby. 2015. Pengembangan Sinyal Lampu 3 Warna Untuk Alat Bantu Kelincahan Footwork Pada Klub PB. Mandiri Pati Tahun 2015. Fakultas Ilmu Keolahragaan: Universitas Negeri Semarang.

Nurhasan, 2000. Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Jakarta: Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugraha, F., 2015. Pengembangan Sinyal Lampu 3 Warna Untuk Alat Bantu Kelincahan Footwork Pada Klub Pb.Mandiri Pati Tahun 2015 (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sujianto, E. A., 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nasfiannoor, M. (2009). Pendekatan Statistik Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jamaludin Jamaludin, Hermansyah Hermansyah, Ismail Marzuki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.