ANALISIS KESALAHAN JAWABAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X PERKANTORAN SMK YPK BETHLEHEM ARSO 1

Yosefin Rianita Hadiyanti, Dewi Kristika Findia Ning Tyas

Abstract


Aplikasi soal-soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) membawa peserta didik ke dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Sangat penting mengetahui kesalahan-kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal pada materi SPLDV serta penyebab kesalahan tersebut. Apabila penyebab kesalahan sudah diketahui, maka peserta didik yang bersangkutan diharapkan bisa menghindari kesalahan yang sama.  Dalam menganalisis jenis kesalahan peserta didik berdasarkan Newman dalam Karnasih (2015: 40) menyatakan ada 5 prosedur yang ditemukan oleh Anne Newman tersebut yang diantaranya adalah membaca masalah (reading), memahami masalah (comprehension), transformasi masalah (transformasi), keterampilan proses (process skill), dan pengkodean/ penarikan kesimpulan (encoding). Hasil penelitian diperoleh bahwa: Jenis kesalahan yang dilakukan subjek dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur Newman adalah 1) Kesalahan memahami masalah, Kesalahan memahami masalah yang dilakukan yaitu subjek tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan; 2)Kesalahan transformasi, Kesalahan transformasi yang dilakukan yaitu subjek  tidak dapat membuat model matematis dari informasi. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel adalah kurangnya penguasaan bahasa pada soal, Tidak teliti, Tidak dapat merencanakan strategi/rumus karena tidak menguasai materi, baik materi prasyarat maupun materi yang dipelajari. Tidak memeriksa kembali hasil pekerjaan yang telaha dikerjakan.


Keywords


Kesalahan Jawaban, Peserta Didik, Soal Cerita, Persamaan Linear, Newman

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Newman, M. A. 1977. An analysis of sixth-grade pupils' errors on written mathematicaltasks. In White, A. L. 2009. Diagnostic and Pedagogical Issues with Mathematical Word Problems. Brunei International Journal of Science and Mathematics Education, 1(1): 100-112. Diakses pada tanggal 29 Desember2017. (http://www.sciencedirect.com).

PEMBELAJARAN%20SOAL%20CERITA%20OPERASI%20HITUNG%20.pdf)

Singh, P., Rahman, A.A., & Sian. H, T. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Perspective. Procedia on International Conference onMathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), 8(2010): 264-271. Diakses tanggal 5 Januari 2018. (http://www.sciencedirect.com).

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, H.M. 2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yosefin Rianita Hadiyanti, Dewi Kristika Findia Ning Tyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.