Peningkatan Ketrampilan Passing Bawah Bolavoli Dengan Mengunakan Metode Bermain Bola Pantul Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Di SMA Negeri 1 Praya Barat Daya

Ali Imran

Abstract


Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment One group pretest-postest design dimana dalam penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 22 anak, tanpa kelompok pembanding. Maka seluruh peserta putra yang mengikuti ekstrakurikuler digunakan sebagai subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pengukuran menggunakan tes brumbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t untuk pengujian hipotesis. Sampel berkorelasi pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain bola pantul terhadap kemampuan dasar passing bawah. Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,080 > 2,076 (t tabel) dan nilai Sign sebesar (0,000) < 0,05, sehingga hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan dasar passing bawah setelah diberi perlakuan dengan bermain bola pantul. Berdasarkan rata-rata (mean) menunjukkan rerata posttest > pretest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain bola pantul yang signifikan terhadap kemampuan dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMA Negeri 1 Praya Barat Daya Peningkatan presentase kemampuan passing bawah sebesar 9,88% dari selisih rerata dibagi rerata pretest dikalikan 100%.

Keywords


Bola Pantul, Passing Bawah Dan Bolavoli

Full Text:

PDF

References


Agus Mahendra. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani.

Diakses dari http://www.ditplb.or.id/profile.php?id=65 pada tanggal 25 Oktober 2011, pukul 16.00 WIB.

Aip Syarifudin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Amung Ma’mun dan Yuda. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud

Anung Suprayogi. (2011). Pengaruh Pembelajaran Model Bermain terhadap Kemampuan Passing Siswa Peserta Ekstrakurikuler dalam Permainan Bola Voli di SMK Ganesa Satria 4 Kedu Temanggung. Skripsi. Yogyakarta : FIK UNY.

Asep Kurnia Nenggala. (2006). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Grafindo Media Pratama.

Astopo. (2007). Pengaruh Pembelajaran Bolavoli Suhadi terhadap Ketrampilan Bolavoli Siswa Putri di SMP Negeri 3 Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Barbara L. Viera & Bonnie J. Freguson. (2004). Bolavoli Tingkat Pemula. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Beutelstahl Dieter. (1986). Belajar Bermain Volley. Bandung: Pioner Jaya.

Bonnie Robinson (1993). Bolavoli. Semarang: Dahara Prize.

Bulman, George.(1995). Volleyball Play the game. Great Britain: Blandford. Gramedia.

Cox Richard H. (1980). Teaching Volleyball. USA. Burgess Publishing Company

Durwachter G. (1986). Bola Volley Belajar dan Berlatih Sambuil Bermain. Jakarta: PT Gramedia Jakarta.

Engkos Kosasih. (1985). Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta : CV. Akademika Pressindo.

Hari Amirulloh. R. (2003). Alat Evaluasi Keterampilan Bermain Bola Basket : Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Jakarta : Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i4.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ali Imran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.