ANALISIS SOAL BIOLOGI BERDASAR DIMENSI PROSES KOGNITIF DAN KARAKTERISTIK HOTS (Kesesuaian dengan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran)

Achmad Zanuar Ansori

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi proses kognitif soal, soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan kesulitan yang dihadapi guru dalam menghadirkan soal HOTS pada perangkat soal penilaian harian.  Penelitian ini juga berusaha mendeskripsikan kualitas RPP dan keterlaksanaan pembelajaran berbasis HOTS. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif.  Subjek penelitian adalah guru biologi pada dua Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Lamongan. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dan angket.  Data dianalisis dan disajikan dalam bentuk persentase selanjutnya untuk dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan penilaian harian masih didominasi soal berdimensi proses kognitif mengingat dan memahami, persentase soal HOTS masih rendah, dan menyusun stimulus merupakan kesulitan utama dalam menyusun soal HOTS. Hasil lainnya adalah secara keseluruhan kualitas RPP dan keterlaksanaan pembelajaran berbasis HOTS terkategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan adanya kesenjangan antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan instrumen penilaian yang digunakan.  Hal ini berimplikasi hasil penilaian harian belum bisa dipakai sepenuhnya sebagai indikator keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

 

Kata Kunci: penilaian harian, proses kognitif, soal HOTS, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Achmad Zanuar Ansori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.