Pengembangan Mobile Multimedia Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Kombinasi Gerak Berjalan Berlari Dan Meloncat Untuk Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo Kabupten Gresik

Muhammad Dewantoro, Andi Mariono, Fajar Arianto

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas III Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo Kabupaten Gresik. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan mobile multimedia learning mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kombinasi berjalan berlari dan meloncat untuk siswa kelas III di di Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo Kabupaten Gresik. (2) Apakah media mobile multimedia learning mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kombinasi berjalan berlari dan meloncat layak digunakan untuk siswa kelas III di Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo. Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengengembangan Lee & Owens, yang meliputi: (1) Assessment/analysis (penilaian/analisis), (2) Design (desain), (3) Development (Pengembangan Produk), (4) Implementation (implementasi), (5) Evluation (evaluasi). Sampel penelitian dan pengembangan ini terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil uji validitas dari ahli materi sebesar 93,1% dan hasil validitas ahli media dari segi edukatif sebesar 100%, dari segi kualitas teknis sebesar 95,31% dan uji validitas ahli media secara keseluruhan sebesar 96,25%, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran sangat layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: CV. Rajawali.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Dwi, Herman, Surjono. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.

Hofstetter, Fred T. 2001. Multimedia Literacy Third Edition. New York: McG raw – Hill International Edition.

Januzewsky, Alan, Michael Molenda. 2008. Educational Technology: A Definition With Comentary. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Lee, W.W., & Owens, D.L. 2004. Multimedia-based Instructional Design: Computer-based Training, Web-based Training, Distance Broadcast Training, Performance-based Solutions. San Fransisco: Pfeiffer.

Mayer, R. E. 2009. Multimedia learning 2nd Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Munir. 2009. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nesbit, J.C., Berfer, K. & Vargo, J. 2002. “A Convergent Participant Model for Evaluation of Learning Objects” dalam Canadian Journal of Learning and Technology. 28(3): 105-120.

Rahmayani, Indah. 2015. Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia, diakses 23 Oktober 2020 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media.

Safie A’fza, Norshahila Ibrahim. 2015. “Multimedia Mobile Learning Application for Children’s Education: The Development of MFolktales” dalam Journal Canadian Center of Science and Education. Vol. 11, No. 24

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiyandari, L., Soegiyanto., & Rustiana, E. R. 2015. “Multimedia Bola Basket untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Disma” dalam Journal of Phisical Education and Sports, 4(2), 122-128.

Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktek. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Trentin, Guglielmo. 2013 Using Network and Mobile Tchnology to Brigde Formal and Informal Learning. Cambridge: Candos Publishing Limited

Wiradiharja, Sudrajat., Syarifudin. 2017. Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Dewantoro, Andi Mariono, Fajar Arianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.