DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL DENGKLAQ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Rizal Kamsurya, Masnia Masnia

Abstract


Numerasi merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dan tidak terbatas pada melakukan perhitungan, melainkan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari, baik abstrak maupun nyata (Kemdikbud, 2020). Hasil observasi pada pembelajaran geometri di SD Negeri 1 Gondrong Kota Tangerang menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan belum berorientasi pada peningkatan keterampilan numerasi siswa. Guru hanya menjelaskan materi berdasarkan buku teks tanpa mendesain pembelajaran sesuai konsep dan kebutuhan siswa. Akibatnya, siswa hanya memiliki pemahaman sesuai dengan penjelasan guru dan tidak mengetahui cara mengaplikasikan konsep.

Solusi menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan mendesain pembelajaran menggunakan konteks dunia nyata yang mampu merangsang siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah realistik atau konteks dunia nyata sebagai titik awal pembelajaran (Okuyucu & Bilgin, 2019). Penggunan konteks dunia nyata dalam pembelajaran membuat konsep yang dipelajari menjadi lebih bermakna bagi siswa (Nuraida & Putri, 2019), sehingga dapat meningkatkan pemahaman melalui konstruksi hasil pengetahuan, dan dapat mengaplikasikan dalam pemecahan masalah. Integrasi permainan dengklak dalam PMR diharapkan dapat membantu siswa menemukan konsep melalui konstruksi pengetahuan yang dimiliki kemudian mengaplikasikannya dalam penyelesaian masalah, sehingga meningkatkan keterampilan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran melalui Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan Pendekatan Matematika Realistik menggunakan konteks permainan tradisional Dengklaq untuk meningkatkan keterampilan numerasi siswa Sekolah Dasar.

Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Design Research untuk mengembangan Teori Instruksional Lokal, yang memuat desain pembelajaran menggunakan PMR dengan konteks permainan tradisional dengklaq. Fokus materi yang akan digunakan dalam desain pembelajaran yaitu geometri pada siswa SD. Karakteristik esensial dari design research yaitu berbentuk siklus (cyclic). Tahapan awal dalam pengembangan Teori Instruksional Lokal yaitu menganalisis pengetahuan yang dibutuhkan siswa (K) sebagai dasar teori dalam perancangan atau desain pembelajaran yang sesuai kebutuhan (D). Perancangan penelitian terdiri dari desain urutan pembelajaran dan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) tentang konsep. Selanjutnya, desain yang telah dikembangkan dilakukan ujicoba dalam bentuk eksperimen pembelajaran untuk mengetahui proses berpikir siswa serta upaya yang perlu dilakukan (E). Data yang diperoleh dilakukan analisis retrospektif (R) untuk merefleksikan data hasil percobaan. Subjek penelitian pada siklus 1 melibatkan 6 orang siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pada tahap ini, HLT yang telah dikembangkan dujicoba pada siswa sehingga diketahui ketercapaiannya. Hasil revisi HLT, selanjutnya diaplikasikan pada tahap II dengan jumlah subjek sebanyak 32 siswa kelas 4 SD Negeri 1 Gondrong. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, catatan lapangan dan tes keterampilan numerasi. Instrumen tersebut digunakan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran dengan menggunakan PMR dan mengukur keterampilan numerasi siswa

Keywords


Pendekatan Matematika Realistik; Dengklaq; Numerasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i4.2368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizal Kamsurya, Masnia Masnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.