PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS III SD

Rindi Aprilita Rosyadi

Abstract


Berdasarkan latar belakang penelitian, banyak siswa yang masih memiliki tantangan ketika pendekatan guru tidak ideal, dan akibatnya, mereka kurang memiliki kemampuan untuk menyelidiki siswa untuk menemukan ide-ide baru dan mendiskusikannya dengan teman sebaya. Guru dapat memanfaatkan berbagai pendekatan pengajaran, termasuk bermain peran, untuk membantu siswa mengatasi monoton dan variasi pembelajaran. Keterampilan sosial siswa dapat diasah dengan menggunakan teknik bermain peran di dalam kelas. Siswa kelas III SDN Ponokawan tahun ajaran 2021/2022 akan menjadi fokus penelitian ini. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Manfaatkan kelompok kontrol yang dibentuk sebelum dan sesudah penelitian dilakukan. Pada tahun ajaran 2021/2022, siswa kelas IIIA dan IIIB di SDN Ponokawan termasuk dalam populasi penelitian. Kelas eksperimen memiliki tujuh siswa, sedangkan kelas kontrol memiliki enam siswa. Informasi yang dikumpulkan dalam penelitian ini akan digunakan untuk menilai kemajuan siswa secara akademis dan sosial. Prosedur analitis digunakan oleh peneliti menggunakan bantuan program SPSS 24 Independent Sample T-Test Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Amaniyah, I. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendongeng melalui metode bermain peran di kelas III MI as-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Dewi, K. N., Wirya, N., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Gugus Vii Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 305-314.

Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018). Peningkatan ketrampilan sosial melalui metode role playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Perndidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1)

Hayani, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 221-230.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik

Mahyuddin, M. J. (2016). Model bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(1), 1-11.

Rahmania, F. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Keterampilan Sosial Anak Pada Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas.

Rumilasari, N. P. D., Tegeh, I. M., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2016) pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berbicara anak pada kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4 (2).

Shalma, O. (2020). KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 UNDAAN KABUPATEN KUDUS (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Yanto, A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 rindi aprilita rosyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.