Pengaruh Blended Learning Terhadap Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto

Moh Jazuli, Fajar Arianto, Irena Y. Maureen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perubahan efikasi diri peserta didik melalui pembelajaran berbentuk blended learning. Metode yang digunakan desain kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimental design dalam bentuk pre-test-post-test control group design. Lokasi penelitian di MAN 1 Mojokerto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Mojokerto. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik diambil menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengambilan data melalui kuesioner melalui Google Form.  Hasil penelitian menunjukkan: (a) terdapat perubahan efikasi diri peserta didik, (b) efikasi diri peserta didik dengan model pembelajaran blended learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran online.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i2.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moh Jazuli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.