PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID SISWA DI SMA NEGERI 1 LAPE

Tin Zaitun, Suparman Suparman, Junaidi Junaidi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Aplikasi Android Siswa Di SMA Negeri 1 Lape. Tujuan penelitian ini terdiri atas; 1.untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lape. 2.untuk menganalisis motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas X SMA Negeri 1 Lape sebelum dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi android. 3. untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas X SMA Negeri 1 Lape setelah diterapkannya pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi android.         

            Jenis penelitian yang digunakan desain penelitian ini menggunakan pendekatan one group experiment. Populasi penelitian ini yaitu semuanya berjumlah 831 siswa, terdiri dari 380 siswa laki-laki dan 451 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan  teknik nonprobability sampling

X IPS3 sebanyak 36 siswa yang terdiri atas 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode pengulan data yaitu metode angket dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan skala likert 5.

             Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran aplikasi android model pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu guru mendesain materi pembelajaran yang meliputi ringkasan materi, tugas kelompok, dan tugas individu ke dalam bentuk File Ms. Word, dan menggunakan aplikasi aplikasi whatshApp. Nilai  Rata-rata tingkat motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lape sebelum tergolong kategori cukup, dengan nilai rata-rata tingkat motivasi beajar siswa sebesar 2,9 dan 2.04. Sedangkan, nilai  rata-rata tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan aplikasi anroid tergolong kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 4,3 dan 3.32.

            Sehingga dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Aplikasi Android Siswa Di SMA Negeri 1 Lape terdapat peningkatan setelah dilakukan pembelajaran.

 

 

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Bahasa Inggris dan Aplikasi Android


 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tin Zaitun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.