Pengembangan Multimedia Interaktif Permainan Tradisonal Berbasis Character Building Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Ahmad Muzanni, Zinnurain Zinnurain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk multimedia interaktif permainan tradisional berbasis character building yang layak dan efektif digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini terdiri dari: yaitu (1) pengunpulan data; (2) desain produk; (3) validsasi desain; (4) revisi desain; (5) ujicoba; (6) revisi produk; (7) ujicoba lapangan; (8) revisi produk; dan (9) ujicoba produk operasional.  Multimedia interaktif permainan tradisional yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli pembelajaran. Subjek ujicoba penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 23 Cakranegara. Tahapan dari pelaksanaan ujicoba ada tiga yaitu ujicoba terbatas, ujicoba lapangan, dan ujicoba produk operasional. Pada ujicoba terbatas subyek yang digunakan sebanyak 9 peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pada ujicoba lapangan jumlah responden meningkat yaitu sebanyak 12 peserta didik. Sedangkan pada ujicoba produk operasional digunakan seluruh peserta didik yang ada di kelas V berjumlah 29 peserta didik. data dikumpulkan dengan menggunakan instrument angket respon peserta didik terhadap penggunaan multimedia interaktif permainan tradisional. Hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut: berdasarkan hasil validasi ahli dinyatakan bahwa produk multimedia interaktif permainan tradisional layak untuk digunakan pada pembelajaran dikelas. Pada pelaksanaan ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh hasil 86,32% dan 91,12%. Dan pada pelaksanaan ujicoba produk operasional diperoleh hasil angket respon peserta didik sebesar 95.51%

Keywords


Pengembangan, multimedia interaktif, character building

References


Lickona, T. (1991). Educating for character how our schools can teach respect and responsibility. USA: Bantam Books.

Mahdjoubi, L. & Rahman, M.A. (2012). Effects of multimedia characteristics on novice CAD learners’ practice performance. Journal Architectural Engineering and Design Management. Vol. 8., pg. 214

Nancy, F.C. (1998). Interactive media: an alternative context for studying work at art. Journal Studies in Art Education Summer, Vol. 4, No. 2, pg. 336.

Roblyer & Doering. (2010). Integrating educational technology into teaching. Boston: Person

Susannah, B. (2004). Building character through shadow puppetry. Journal Art Education, Vol. 6., No. 3., pg. 47

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Alfabeta CV




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v4i2.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.