Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di SMK Negeri 7 Jakarta

Khalimatus Sa’diyah, Firdaus Suhaimy

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebahagian siswa yang sulit berkonsentrasi dalam belajar, serta mudah mengantuk, yang akhirnya mengakibatkan malas belajar hingga siswa mengobrol atau bermain sendiri dengan teman sebangkunya. Ice breaking sendiri merupakan permainan atau kegiatan yang berfungsi untuk mencairkan suasana agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga siswa dapat berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ice breaking terhadap konsentrasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Jakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Dekstriptif Analitik Korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode penarikan sampel dilakukan dengan simple random sampling, dengan jumlah responden 38 peserta didik.

Hasil dari penelitian ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis besarnya pengaruh penggunaan ice breaking terhadap konsentrasi belajar siswa tergolong tinggi/kuat yaitu sebesar 0,727 atau 72,7%. Hal ini dapat dilihat dari besarnya “r” observasi (ro) dengan “r” product moment(rt). Seperti diketahui r” observasi (ro) yang diperoleh adalah 0,727 sedangkan rt masing-masing 0,271 dan 0,332. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ro > rt baik pada taraf signifikan 5% atau 1%. Maka dari hasil tersebut hipotesis nihil (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternative (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan ice breaking terhadap konsentrasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Jakarta.


Keywords


Ice Breaking Learning Concentration

Full Text:

PDF

References


Hendra Surya. (2015). Cara cerdas (smart) mengatasi kesulitan belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Heny Sulistiyani. (2022). Buku Sakti Berbicara Bagaimana Membangun Komunikasi yang Efektif Kepada Siapa Saja dalam Setiap Situasi. Anak Hebat Indonesia.

Handayani, F. (2022). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Di SMP N 5 X Koto Kabupaten Tanah Datar. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Indy Ari Pratiwi, Julianto S.Pd, M. P. (2013). Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B Di Tk Laboratorium Pg-Paud Fip Unesa. PAUD Teratai, 2(3), 1–7.

Olenggius Jiran Dores, Yasinta Lisa, O. V. (2019). Analisis Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 20 Skph Manis Raya. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 57–68.

Rudi Hermawan. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Model, Implikasi, dan Implementasi. CV. Bintang semesta media.

Ruslia Isnawati,S.Psi., P. (2020). CARA KREATIF DALAM PROSES BELAJAR (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)) (T. Lestari (ed.)).

Syah Nanda Hidayatullah, I. I. (2020). Penerapan Ice Breaking pada Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas X Tpm Smk Negeri 7 Surabaya pada Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Indy Ari Pratiwi, Julianto S.Pd, M. P. (2013). Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B Di Tk Laboratorium Pg-Paud Fip Unesa. PAUD Teratai, 2(3), 1–7.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Ruslia Isnawati,S.Psi., P. (2020). CARA KREATIF DALAM PROSES BELAJAR (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)) (T. Lestari (ed.)).

Suryana, I. (2019). ICE BREAKER (Penyemangat Belajar dari Membosankan Menjadi Rileks (Cetakan pe). Yogyakarta : Psikolog Cornenr, 2019.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R& D. Alfabeta.

Tiyara Khoerunisa, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firdaus Suhaimy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.