Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta

Yetti Puspita Ningrum, Djoko Suwandi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, 1) Apakah ada pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta, 2) Apakah ada pengaruh signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta, 3) Apakah ada pengaruh signifikan lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Kriteria responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang dipakai adalah penelitian jenis ex post facto. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik convenience sampling, sampling pada penelitian ini ialah mencakup orang – orang terdekat yang bersedia menjadi responden untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian menujukan bahwa, 1) terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada SMA Negeri 5 Surakarta, 2) Terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada SMA Negeri 5 Surakarta, Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada SMA Negeri 5 Surakarta.


Keywords


Fasilitas Belajar Lingkungan Keluarga Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Fachrunadita (2021) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 2 Kota Malang.

JANIE, D.N.A. (2021) Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS, Semarang University Press.

Lestari, F. (2016) ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016’.

Ningsih, I.S. (2021) ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pasir Pengaraian Tahun Ajaran 2020/2021’.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yetti Puspita Ningrum, Djoko Suwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.