MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS ( THINK PAIR SHARE ) DI KELAS IX1 SMP NEGERI 4 MATARAM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Ni Komang Ratnawati Giri

Abstract


Adanya suasana yang kurang kondusif dalam proses pembelajaran PKn menimbulkan rasa kejenuhan pada siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi siswa dalam pembelajaran PKn oleh karena itu, diperlukan strategi atau cara guru menerapkan pembelajaran yang membangkitkan minat dan bakat siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Mataram pada siswa kelas IX1 semester  genap  tahun  pelajaran  2009/2010,  dengan  jumlah  responden  adalah  36  orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I proses pembelajaran mengalami beberapa kendala meskipun berjalan sesuai skenario pembelajaran yang direncanakan hanya mencapai 13 dari 17 tahapan pembelajaran (76,47 %). Sedangkan pada Siklus II proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan menyenangkan sesuai skenario pembelajaran yang diharapkan (100%). Jadi setelah dilakukan analisis secara komparatif antar Siklus I dengan Siklus II menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dimana pada Siklus I rata- rata prestasi belajar siswa 82,80 meningkat menjadi 99,40 pada Siklus II. Dengan demikian maka pendekatan metode TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References


Ahmadi. 1997. Strategi Belajar Mengajar.

Bandung. CV Pustaka Setia. Budiarjo. 2004. Materi Pelatihan

Terintegrasi. Jakarta: Depdiknas. Djamarah, B.S, 1994. Prestasi Belajar dan

Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, B.S, 2002. Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Ibrahim, M, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: University Press.

Ibrahim dan Beny, 2002. Belajar Konstruktivisme, Model Pelatihan Berbasis Kompetensi Guru. Jakarta: Dikdasmen.

Lie, A, 1999. Metode Pembelajaran Gorong Royong. Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya.

Nurkancana, 1983. Evaluasi Pendidikan.

Surabaya: Usaha Nasional.

Nurhadi dan A. G. Senduk, 2003.

Pembelajaran Kontektual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibawa, B 2004. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v1i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.