Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Syahrir Syahrir

Abstract


Proses pembelajaran guru cenderung menggunakan model konvensional selama proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya terfokus untuk mendengarkan penyampaian pelajaran yang diberikan guru, sedangkan antara siswa satu dengan siswa yang lain tidak terlihat adanya hubungan komunikasi, karena pada saat pembelajaran berlangsung aktivitas siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatan materi yang disamaikan guru. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan saintifik pada materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Rabitatus Sa’adah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan antara lain,1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi siswa dan guru serta lembar soal. Hasil penelitian menunjukan pada siklus 1 ketuntasan klasikal siswa mencapai 65%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 85 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pembelajaran saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Rabitatus Saadah tahun pelajaran 2018/2019

Keywords


pendekatan saintifik, Hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Afifah, Nurul. 2015. Problematika Pendidikan di Indonesia. Elementary, 1(1): 41-47. Diakses Pada tanggal 15 Agustus 2019.

Alamsyah, Nur. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan 1 (1).

Arikunto., Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinela Karya

Budiarti, Arifah. dkk. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2): 21-28. Diakses Pada tanggal 15 Agustus 2019.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Efriana, fany. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII MTs Palu Barat Pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran. Jurnal Elektronik pendidikan matematika tadulako 1 (2).

Erny, Dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 2 (1).

Fadhilaturrahmi. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 9 (2).

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Masjudin. 2016. Pembelajaran Kooperatif Investigatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan Dan Deret. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains) 4 (2).

Siregar, Lia Aulina Hasayangan. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MAS Darussalam Kampung Banjir. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal) 1 (3).

Suharjono., Arikunto., Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sukarma, I. K., & Syahrir, S. (2018). PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII MTs. NEGERI TALIWANG TAHUN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 4(1), 311-317.

Syahrir, S. (2018). Pengembangan Pola Berpikir Siswa Kelas Xi Tentang Pengoprasian Dasar Pada Matriks Identitas melaui metode pembelajaran Tanya jawab. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v5i2.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syahrir Undikma Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.