PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT EFEKTIF DALAM PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 AMBALAWI KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Supriadin Supriadin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambalawi kabupaten Bima tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tahap siklus I antara lain:  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, sedangkan siklus II yaitu melaksanakan tahapan yang ada pada siklus I dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Data dalam penelitian  ini berupa nilai tes uji kompetensi  menulis  kalimat efektif dalam paragraf argumentasi yang diberikan pada tiap akhir siklus, dan adapun sumber  data  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  VIII SMP  Negeri 1 Ambalawi kabupaten Bima tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar siswa  pada  materi  menulis  kalimat  efektif  dalam  paragraf  argumentasi  hanya mencapai 30% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan  >70%,  dengan  ketuntasan  klasikal  sebesar  55.6%.  Pembelajaran  pada siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 92%. Berdasarkan hasil tersebut,  kegiatan  atau pembelajaran  menulis  kalimat  efektif dalam paragraf argumentasi melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambalawi kabupaten Bima tahun pelajaran 2014/2015 mengalami peningkatan.

References


Akhadiah, dkk. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ali, M. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. 1993. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purwandari, N. E. D. 2010. Mening-katkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Gambar Siswa Kelas II SDN Karanganom 01 Lumajang. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: dalam FKIP Universitas Jember.

Sari, D.E.M. 2009. Pembelajaran dengan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Model Pola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subpokok Bahasan Aritmatika Sosial Kelas VII B Semester Ganjil SMP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2008 / 2009. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: dalam FKIP Universitas Muhammadiyah Jember.

Tarigan, H. G. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.