MEMBANGUN KARAKTER SEKOLAH BERMUTU MELALUI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

Rolan Rolan

Abstract


Dalam banyak hasil penelitian dan kasus, sekolah bermutu seringkali diidentikkan dengan sekolah baik, sekolah efektif atau sekolah yang excellent dan bahkan disebut sebagai sekolah unggul. Menuju sekolah yang bermutu banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari mendasari sekolah dengan komunikasi yang efektif guna menyepakati dan membangun spirit (nilai) yang mendasari pembenahan suatu lembaga pendidikan agar menjadi bermutu. Spirit tersebut akan tercermin pada visi dan misi sekolah, struktur organisasi dan deskripsi tugas, system dan prosedur kerja, kebijakan dan aturan, tata tertib, fasilitas sekolah serta suasana dan hubungan termasuk pada sikap dan prilaku kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya/warga sekolah. Dengan dasar inilah pengembangan sekolah bermutu dapat dikembangkan. Dalam konteks ini komunikasi efektif berperan dalam memformat perumusan tujuan pengambangan dan penetapan kebijakan, sosialisasi dan implementasi, evaluasi dan follow up pengembangan lembaga pendidikan. Selanjutnya berdasarkan pelaksana dapat menyelenggarakan sekolah yang bermutu (efktif dan unggul) secara penuh/maksimal. Agar praktek ini lebih cepat terealisasi diharapkan agar sekolah menerapkan langkah ini dengan baik dan benar serta selalu melakukan inovasi dan mencari pendekatan baru dalam upaya membangun sekolah yang bermutu.

Keywords


karakter sekolah bermutu dan komunikasi efektif

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I., 2002. Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Artikel diterbitkan di Jurnal FIP Universitas Negeri Malang.

Caldweel. B.J. & J.M. Spinks., 1993. Leading the Self Managing School. London, Washington: The Falmer Press.

Danim, S., 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional., 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan menengah Umum.

DeRoche, F.E., 1985. How School Administrators Solve Problem. Engelwood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Elfahmi, H.S., 2006. Sekolah Unggul: Menciptakan Sekolah sebagai Sumber Solusi dan Rumah yang Menyenangkan bagi Setiap Penghuninya. Makalah disajikan dalam National Congress & Business Forum 2006 diselenggarakan Magistra Utama, Surabaya, 4 Maret 2006.

Greemers, B.P.M., & Reynold, D. (ed)., 1993. School Effectiveness and School Improvement. An. International Journal of Research, Pollicy and Practice. Lisse: Sweets & Zietlinger.

Hanson, E.M., 1996. Educational Administration and Organizational Behavior. Boston: Allyn and Bacon.

Hasan, M. Tholchah., 2005. Pendidikan Islam Sebagai Upaya Sadar Penyelematan dan Pengembangan Fitrah Manusia: Pidato ilmiah pada Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) Dalam Bidang Pendidikan Islam pada 30 April 2005 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hasibuan, Malayu S.P., 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hodge, B.J., & W.P. Anthony., 1988. Organizational Theory (3 rd. ed.). Boston, Massa-Chusetts: Allyn and Bacon, Inc.

Hoy, W.K & Ferguson,J., 1985. A Theoretical Framework and Exploration of Organizational Effevtiveness in Schools. Journal of Educational Administration Quarterly, Volume 21 halaman 117-134.

Hoy,W.K & Miskel, C.G., 1982. Educational Administration: Theory, Research and Practice (2nd ed). New York: Random House.

MacBeath, Jhon & Peter Mortimore., 2005. Improving School Effectiveness: Memperbaiki Efektivitas Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Moedjiarto., 2002. Karakteristik Sekolah Unggul, Cet. Ke-2. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Sergiovanni, Thomas J., 1987. The Principalship: A Reflective Practice Perspective. Newton, Mass: Allyn and Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rolan Rolan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.