Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN Jati Baru Tahun Pelajaran 2018/2019

Abdul Malik

Abstract


Rendahnya kualitas sumber daya manusia ini disebabkan oleh mutu pendidikan di Indonesia yang masih rendah. Pendidikan merupakan suatu kegiatan interaksi antara peserta didik dengan para pendidik serta berbagai sumber pendidikan yang berlangsung dalam situasi pendidikan, pengajaran, latihan serta bimbingan. Agar pencapaian hasil pembelajaran maksimal, maka dibutuhkan sosok guru yang professional. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN Jati Baru Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SDN Jati Baru sebanyak 12 orang. Berdasarkan analisis data, yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Bagaiamana Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN Jati Baru Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah peningkatan dari 72,33% menjadi 100%, dengan selisih peningkatan 27,7%


Keywords


Kompetensi Guru, Administrasi Pembelajaran, Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. S. 2010. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Renika Cipta.

Astuti, S. (2016). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di sd laboratorium uksw. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 117-126.

Banun Sri Haksasi. 2013.Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang.Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4

GavamediaSahertian, P.A .2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi

Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Rineka Cipta.

Nurfathurrahmah, N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 21-28.

Peraturan Mentri Pedidikan Nasional No. 16 Tahun 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Malik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.