Peningkatan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward and Punishment Di SMPN 2 Satap Parado Tahun pelajaran 2020/2021

Dedi Darmanto

Abstract


Kedisiplinan guru dapat dilihat dari prilaku guru sehari-hari baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Kedisiplinan guru juga menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh guru sebagai seorang pengajar dan pendidik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar dikelas melalui penerapan Reward and Punishment di SMPN 2 Satap Parado tahun pelajaran 2020/2021. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SMPN 2 Satap Parado sebanyak 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahlembar observasi dan angket.  Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada peningkatan disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar dikelas melalui penerapan Reward and Punishment di SMPN 2 Satap Parado tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat 80,9% guru yang terlambat kurang dari 10 menit, atau melebihi target yang telah ditentukan sebesar 75%.

 


Keywords


Disiplin guru, Reward, Punishment

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Bambang Nugroho. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin CiptaKarya Departemen Pekerjaan Umum Edisi No. 6/IV/Juni 2006

Kusumaningtyas, F. 2017. Kedisiplinan Guru Dalam Proses Pembelajaran

Di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Suherman, S. (2018). Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di SMP Negeri 3 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Bina Ilmiah, 13(1), 779.

Sutari Imam Barnadib. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistimatis, Yogyakarta :FIIKIP.

Syamsul Hadi, 2009. Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan pada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dedi Darmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.