Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin Di SDN Inpres 1 Wora Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Fatimah H. Yasin

Abstract


Lesson study merupakan kerja kolektif sekelompok guru (atau anggota MGMP), bisa dengan mahasiswa dan dosen. Pembuatan rencana pembelajaran (planning) dapat dikerjakan secara bersama-sama, diimplementasikan dengan menunjuk salah satu anggota sebagai guru model, guru lain dan pakar bertindak sebagai observer, kemudian dari hasil observasi tersebut dianalisis (melalui tahapan reflecting) secara bersama-sama.. Penelitianini bertujuan untuk Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin Di SDN Inpres 1 Wora Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SDN 1 Wora sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembara penilaian RPP dan lembar observasi.  Berdasarkan analisis data, yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan ada Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin Di SDN Inpres 1 Wora Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019, pada Siklus nilai rata-ratanya sebesar  25,6, meningkat menjadi 34,15 pada Siklus ke II


Keywords


Kinerja guru, Lesson study, Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Aswandi. 2006. Guru sebagai Peneliti. (Online). http://www.pontianakpost.com).

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 6 KOTA BIMA. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40-46.

Mulyana, S. 2006. Pelatihan Lesson Study untuk Guru-guru Berprestasi Tingkat Nasional. Laporan Kegiatan Pelatihan Tahun 2006.

Syamsuri, I dan Ibrohim. 2007. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: UM Press.

Yayat Hidayat Amir dan Anwar, Idochi. 2000. Administrasi Pendidikan: Teori,

Konsep & Issu, Bandung : Program Pasca Sarjana UPI Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fatimah H. Yasin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.