Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara oleh Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 1 Praya Tahun pelajaran 2018/2019

Hilmini Hilmini

Abstract


Penelitian yang berjudul “Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara oleh Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 1 Praya”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis, terutama mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan tugas mengarang narasi berdasarkan teks wawancara kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang narasi. Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek substansi dan aspek kebahasaan. Aspek substansi terdiri atas kemampuan menyusun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara. Aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalimat efektif, dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Praya sebanyak 32 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mereka dalam mengembangkan karangan tersebut masih kurang. Dilihat dari segi persentase, siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik tidak ada,  kategori baik 6 orang atau 1,9%, kategori cukup 10 orang atau 3,1%, kategori kurang 7 orang atau 2,1% dan sisanya 9 orang atau 2,8% sangat kurang. Adapun skor rata-rata yang diperoleh mereka adalah 39,03 dan dibulatkan menjadi 39. Dengan demikian kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara oleh siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong kurang.

Keywords


Kemampuan Mengembangkan, Teks Wawancara,

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Dididik dalam Pambelajaran Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

. 2003. Kurikulum 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.

. 2004. Pengembangan Media Materi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. Depdiknas.

. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bab I. (www.puskur.net/naskahak ademik/naskahakademikbasing/doc., diakses 1 Maret 2006).

Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.

Gani, Erizal. 2001. Pemberdayaan Pengajaran Menulis; Upaya Menumbuhkembangkan Kemahiran Menulis Sejak Dini. Denpasar: Balai Bahasa Denpasar.

Keraf, Gorys. 1987. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

. 1982. Ekposisi dan Deskripsi. Cetakan Kedua. Jakarta: Nusa Indah.

Kurniawan, Khaerudin. 2006. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Lanjut. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Marahami, Ismail. 2005. Menulis Secara Populer. Cetakan Kelima. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mahmud, Saifuddin. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Banda Aceh: Dinas Pendidikan NAD dan Universitas Syiah Kuala.

Narcholis, Hanif. 2004. Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v6i2.2738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hilmini Hilmini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.