Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Mengurutkan nilai Mata uang dengan Peraga Kongkrit pada Siswa Kelas II SDN 7 Praya Tahun Pelajaran 2018 /2019

Masniati Masniati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN7 Praya  khususnya dalam materi Mengurutkan nilai mata uang dengan  peraga konkret, agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 7 Praya Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah  tahun pelajaran  2018/2019 terdiri dari 25 siswa, diantaranya 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.  Dari  kedua hasil pengolahan  data yang diperoleh  perbandingan bahwa  pada siklus I dengan menggunakan  media kongrit  pada materi   mengurutkan nilai mata uang  nilai rata – rata  diperoleh  65 sedangkan  pada  siklus II  nilai  rata – rata diperoleh  sebesar 85  terjadi peningkatan  hasil belajar sebesar  20 poin. Sedangkan  jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 13 siswa  dengan persentase sebesar  52%,  sedangkan pada siklus II jumlah  siswa yang tuntas sebanyak  23 siswa  dengan persentase sebesar  92% , maka terjadi peningkatan sebesar  40 poin. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang dipatok sebesar  ≥ 85%  juga sudah tercapai,  maka dengan demikian semua indikator keberhasilan yang  dipatok sudah  tercapai sehingga penelitian ini dihentikan  sampai pada siklus II.  Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media kongret dapat meningkatkan hasil belajar  Matematika    materi  satuan ukuran baku  pada siswa kelas II SDN7 Praya  kecamatan Praya  tahun pelajaran 2018 / 2019.


Keywords


Hasil belajar, Matematika, peraga kongkret

Full Text:

PDF

References


Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.

Ariyadi Wijaya. (2012). Pembelajaran Matematika Realisik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daitin Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

John W. Santrock. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Gatot MuhSetyo, dkk 20014. Pembelajaran Matematika di SD , PDGK.4406, Universitas terbuka . Banten -Indonesia

Hasibuan ………….Proses Belajar Mengajar II, Malang:I

.........2008, Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas ,Sinar Garfika

Mohammad Asrori, 2009. Psikologi pembelajaran, Wacana Prima

Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Rosdakarya.

Nurul Zuhriah 2009 . Metodologo Penelitian Sosial dan Pendidikan , Teori- Aplikasi, Sinar Garfika

Slameto, Belajar dan Faktor belajar hlm 13

R.J Soenarjo,( 2008) , Matematika 2 SD dan MI kelas 2 “ PT Jepe Press Media Utama ( Jawa Pos Group )




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MASNIATI MASNIATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.