Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sekolah Dasar
Abstract
Media pembelajaran yang sekaligus sebagai sarana bimbingan merupakan alat yang digunakan untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan guru terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran inovatif haruslah menyenangkan dan dapat menarik minat siswa untuk belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen.Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah single subject desain yang mana pretest dan postest diberikan pada satu kelompok yang sama. Hasilnya diperoleh nilai output sebesar 0,867 sementara koefisien determinasi sebesar 0,752 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Augmented Reality memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan persentase sebanyak 75,2%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa Penerapan media Augmented Reality dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azuma, R. T. (2018). A Survey of Augmented Reality. Membrana Journal of Photography, Vol. 3, 1, 355–385. https://doi.org/10.47659/m4
Bethany. (2014). Teknologi Media Pembelajaran.
Cawood, S. dan M. F. (2018). Extracted from: Augmented Reality A Practical Guide. Augmented Reality A Practical Guide.
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594
Firdanu, R., Achmadi, S., & Suryo, A. W. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI PERALATAN KONSTRUKSI DALAM DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS ANDROID. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Harlan, J. (2018). ANALISIS REGRESI LINEAR. Gunadarma.
Hugues, O., Fuchs, P., & Nannipieri, O. (2011). New Augmented Reality Taxonomy: Technologies and Features of Augmented Environment. In B. Furth (Ed.), Handbook of Augmented Reality. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-0064-6_2
Lichty, P. (2019). The Gamification of Augmented Reality Art. In Springer (Ed.), Augmented Reality Games II. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15620-6_10
Miftah, C. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru PPKn dalam era digital. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 31–36. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/3657
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Payadnya, A., & Jayantika, T. (2018). Panduan penelitian Eksperimen beserta analisis statistic dengan spss. Deepublish.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10
Rasalingam, R., & Muniandy, B. (2014). Exploring the Application of Augmented Reality Technology in Early Childhood Classroom in Malaysia. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(5), 33–40. https://doi.org/10.9790/7388-04543340
Sari, E. P., & Gunanto, Y. E. (2018). Penerapan Metode Giving Questions and Getting Answers Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-Mia Di Sekolah ‘Fanós’ Kupang [Implementation of the Giving Questions and Getting Answers Method To Improve Critical Thinking Skills With G. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 239. https://doi.org/10.19166/pji.v14i2.846
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Suliyanto. (2017). Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.
Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 65–84.
DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 miranti widi andriani, Amelia Ramadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn: 2656-6745) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Perum Elit kota Mataram Asri Blok O. No. 35, Jempong Baru, Sekarbela, Kota Mataram NTB. Indonesia