PENGGUNAAN STRATEGI EJAAN INVENTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DAN MINAT BELAJAR SISWA TK B DI SEKOLAH X BSD

Christella Meirissa, Sri Lanawati Raharja

Abstract


Keterampilan berbahasa dan minat belajar perlu dikembangkan sejak usia dini, terlebih untuk siswa TK B dalam mempersiapkan dirinya ke kelas satu. Siswa TK B di sekolah X memiliki keterampilan berbahasa dan minat belajar yang masih rendah. Penelitian terdahulu membuktikan bahwa strategi ejaan inventif dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan minat belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan agar memperbaiki masalah di dalam kelas TK B sekolah X BSD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi ejaan inventif dalam mengembangkan keterampilan berbahasa dan minat belajar siswa tingkat TK B di Sekolah X BSD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini terdiri dari tiga siklus dengan melakukan tahapan perencanaan, obervasi, tindakan, dan refleksi pada setiap siklus. Partisipan penelitian adalah siswa TK B Sekolah X BSD yang terdiri dari 13 orang. Instrumen penelitian menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur keterampilan berbahasa dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan berbahasa dan minat belajar siswa. Nilai rata-rata keterampilan berbahasa pada siklus satu adalah 66,32, pada siklus dua 84,55, dan pada siklus tiga 81,42. Nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus satu adalah 59, 89, pada siklus dua 81, 25, dan pada siklus tiga 80, 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, meskipun hasil siklus dua ke siklus tiga mengalami penurunan. Namun demikian, apabila nilai tersebut dilihat secara individu, maka terdapat peningkatan dari siklus satu hingga siklus tiga. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi ejaan inventif dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan minat belajar siswa TK B di Sekolah X BSD.

 

Kata kunci: Strategi ejaan inventif, keterampilan berbahasa, minat belajar siswa, PTK.


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Christella Meirissa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.