MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS III SDI BERTINGKAT OEBOBO2 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Naomi Edy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam materi tidak pilih kasih di SD Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang melalui  penerapan  metode pembelajaran tuntas. Penelitian ini  dilakukan  dalam  dua  siklus,  yang diawali dengan prapenelitian. Setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis, yang selanjutnya data tersebut akan dianalisis secara deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III SD Inpres Bertingkat Oebobo2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi aktivitas kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keaktivan guru dan siswa meningkat dari 45,66% sebelum penelitian, meningkat menjadi 59,19% pada akhir siklus I dan dan meningkat lagi 85,31% pada akhir siklus II. Peningkatan keaktivan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar juga berdampak pada peningkatan hasil belajar dan ketuntasan yaitu sebelum penelitian rata-rata hasil belajar siswa sebesar 52,08 menjadi 69,58 pada siklus I dan menjadi 87,08 pada akhir siklus II. Pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 79,17% sedangkan pada akhir siklus II ketuntasan siswa sudah mencapai 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tuntas dapat meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Bertingkat Oebobo2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineksa Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.