Meningkatkan Hasil Belajar Pjok Materi Senam Lantai dengan Metode Latihan Berulang pada Siswa Kelas IV SDN Penimpoh Tahun Pelajaran 2020/2021

Muhrisin Muhrisin

Abstract


Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan hasil belajar PJOK  materi senam lantai  dengan metode latihan  berulang   pada siswa kelas IV SDN Penimpoh Kec. Kopang tahun pelajaran 2020/2021, Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli  sampai dengan bulan September  2020  dengan jumlah subyek  16 orang dengan identitas 6 siswa laki – laki  dan 10  siswa perempuan.

Dari  data  hasil  belajar  yang  diperoleh   mulai dari siklus I ke siklus II  terus menunjukkan peningkatan hasil yang  signifikan, dimana pada siklus I  diperoleh rata – rata hasil belajar  mencapai  65  kemudian meningkat pada siklus II menjadi  87  terjadi  peningkatan  sebesar  22 poin , kemudian jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I  sebanyak 7 orang  dengan persentase  sebesar  44 % ,   kemudian  pada siklus II jumlah siswa yang  tuntas belajar sebanyak 16 orang dengan persentase  sebesar  100 %  terjadi peningkatan  sebesar  56%,  demikian juga dengan  ketuntasan klasikal yang dipatok sebesar  ≥ 80 % juga sudah tercapai, maka dengan demikian  , semua indikator keberhasilan  yang dipersyaratkan  sudah terpenuhi, maka penelitian ini dihentikan sampai pada siklus II.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan  metode latihan berulang dapat meningkatkan hasil belajar PJOK  Materi   Senam Lantai di Kelas  IV  SDN  Penimpoh   Tahun Pelajaran  2020/2021.


Keywords


Hasil Belajar PJOK, inkuiri

Full Text:

PDF

References


Agus Mahendra, dkk. 2007 Pembinaan Keterampilan kelenturan Jakarta: ErLangga

Drs Hendra Agusta,2017 Pola gerak dalam senam Lantai 2 CV IPA ABONG

Arikunto, Suharsimi, Prof. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Depdikbud RI. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bowers, Carolyn Osborn : Fie Jacquelyn Klien; Schmid, Andrea Bodo ( 1981): Judging and coaching Womens Gymnastics ( 2nd Ed) California, Mayfield Publishing Co : PT. Gramedia

Hidayat Imam, 1996,Senam Diktat , Bandung FPOK- IKIF Bandung Jakarta: PT. Gramedia

Russel Keith 1986 Coaching Certification Manual , Intrudoctori Gymnastic, Canada Canadian Gymnasticts Federation Inc. Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Parera, Jos Daniel. 2004. Menulis Tertib dan Sistimatik. Jakarta: Erlangga

Suriamiharja, Agus 2006 “Kemampuan dan Keterampilan menulis Mahasiswa IKIP Bandung”. Tesis FPS IKIP Bandung

Tarigan, Henry Guntur. 2006. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhrisin Muhrisin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.