Pengaruh Fasilitas Dan pengelolaan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang

Rahayu Pratiwi, Suwandi Suwandi

Abstract


 Minat merupakan kemauan pada diri seseorang yang dapat dibentuk oleh kesadaran diri sendiri dan dorongan dari luar. Dengan tumbuhnya minat maka seseorang akan melakukan sesuatu dengan senang hati tanpa adanya unsur paksaan. Pengadaan perpustakaan yang didukung dengan fasilitas perpustakaan yang memadahi dan penerapan pengelolaan perpustakaan yang baik maka menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa, untuk mengetahui pengaruh pengelolaan perpustakaan terhadap minat baca siswa, dan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan pengelolaan perpustakaan secara bersamaan terhadap minat baca siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Ex-post Facto. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling. Populasi pada penelitian adalah siswa di MTs salafiyah syafi’iyah sejumlah 738 siswa, mengambil sampel 116 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan koesioner, menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, dengan melewati uji validitas, reliabelitas, uji pra syarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa ditunjukan dengan nilai t hitung 1,995 > t tabel 1,658 dengan nilai signifikansi 0.048 < 0.05. Terdapat pengaruh secara parsial pengelolaan perpustakaan terhadap minat baca siswa ditunjukan dengan nilai t hitung 2,724 > t tabel 1,658 dengan nilai signifikansi 0.007 < 0.05, dan terdapat pengaruh secara simultan fasilitas dan pengelolaan perpustakaan terhadap minat baca siswa ditunjukan dengan nilai t hitung 11,877 > t tabel 3,075 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05.

Keywords


Fasilitas Perpustakaan; Pengelolaan Perpustakaan; Minat Baca Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim, (2016) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Cetakan ke-12. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayah, Arnil. (2016). Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Siswa Di Perpustakaan Madrasah Aliyahpesantren Manailil Ulum Guppi Samata. Makassar: Universitas Negeri Islam Alauddin.

Purwaningsih, Dewi Cahyani. (2015). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas Xi Di Perpustakaan Smk N 1 KendaL. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-variabel, Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian, Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Suwarno, Wiji. (2010). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Umayah, Baeti. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan pelayanan Peprustakaan terhadap Minat Baca Siswa Kelas VIII di MTs Ma’atif NU 1 Sumpiuh Banyumas. Jurnal Ekonomi, Vol 7 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.4962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahayu Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.