Kajian Pragmatik Percakapan Dosen Dan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pragmatik Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Stkip Harapan Bima

Muhammad Yani, Nurfidah Nurfidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan (1) tindak tutur yang digunakan dalam percakapan Dosen dan Mahasiswa pada mata kuliah Pragmatik; dan (2) maksud yang terkandung di balik percakapan Dosen dan Mahasiswa pada mata kuliah Pragmatik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Teknik analisis dilakukan dengan teknik mengalir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Dosen dan Mahasiswa menggunakan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam pembelajaran; (2) maksud-maksud yang terkandung di balik tuturan Dosen dan Mahasiswa, antara lain: untuk menyuruh, memotivasi, mengklarifikasi, menguatkan, menghipakr, dan menyimpulkan. Dengan demikian, percakapan Dosen dan Mahasiswa menggunakan tindak tutur langsung dan tidak langsung pada Mata Kuliah Pragmatik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima.


Keywords


pragmatik, percakapan, tindak tutur

Full Text:

PDF

References


Gunarwan, Asim. 1992. “Persepsi Kesantunan Direktif di dalam Bahasa Indonesia di Antara Beberapa Kelompok Etnik di Jakarta”, dalam . Yogyakarta: Kanisius.

Gunarwan, Asim. 2007. Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Penerbit

Universitas Atma Jaya.

Grice, H.P. 1975. Logic and Conversation In Cole P (ed) Syntax and Sementic 3:Speed acts. New York: Academic Press. Vol. 3. Pp. 41-58.

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. Singapore: Longman.

Milles, Matthew. & A. Michael Huberman. .1992. Analisis Data Kualitatif ( Pakku Sumber tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UI-Press.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rohmadi, M. 2009. “Implikatur dalam Wacana kampanye Politik Pemilu 2009”, dipresentasikan pada Konferensi Linguistik Tahunan (KOLITA) Atma Jaya VII tanggal 27-28 April 2009 di Universitas Atma Jaya Jakarta

Rohmadi, M. 2013a. “Tindak Tutur Persuasif dan Provokatif dalam Wacana Spanduk Kampanye Pilkada Jawa Tengah Tahun 2013”, dalam Makalah yang dipaparkan dan diproceeding dalam Seminar Internasional, tanggal 4-5 Juli 2013 di Pascasarjana UNDIP Semarang.

_______. 2013b. “Tindak Tutur Ekspresif dan Persuasif Dosen-Dosen SD dalam

Pembelajaran di Hotel Grand Setiakawan Surakarta” Makalah dalam Proceeding Seminar Nasional 80 tahun Prof. Seoepomo, tanggal 5-6 Desember 2013 di UGM Yogyakarta.

________. 2014. “Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Pragmatik Soal Cerita Matematika dalam Ujian Nasional SD”. Makalah dipaparkan dalam Seminar Nasional di UNTAN Pontianak, Kalimantan Barat, 27 Februari 2014.

Thomas, Jenny. 1996. Meaning in Interaction: an Introduction to Pragmatics. London and

New York: Longman.

Sutopo. HB. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wijana, I Dewa P. dan Rohmadi, M. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan

Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.