UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JEREWEH KECAMATAN JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hermansyah Hermansyah, Supriadin Supriadin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jereweh Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang di dalamnya terbentuk dari rangkaian siklus kegiatan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi dan tes hasil belajar siswa.  Teknik analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil  belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa tidak secara klasikal adalah 59,1% siswa tuntas dan 40,9 % tidak tuntas. Dengan memperhatikan hasil evaluasi pada siklus I yaitu jumlah siswa tuntas 13 orang (59,1%) dan tidak tuntas 8 orang (40,9%). Hal ini menunjukan bahwa hasil tersebut yaitu 59,1%% tuntas. Berdasrkan hasil evaluasi pada siklus pertama jumlah siswa yang tidak tuntas 40,9%. Oleh karena itu, maka peneliti harus melanjutkan tindakan pada siklus II agar mencapai ketuntasan klasikal yang menjadi target penelitian yaitu 85%. Berdasarkan hasil analisis siklus II, dapat diambil jumlah evaluasi yaitu hasil  belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa tidak secara klasikal adalah 95,45 % siswa tuntas dan 4,55 % tidak tuntas. Dengan memperhatikan hasil evaluasi pada sikllus II yaitu jumlah siswa tuntas = 21 orang (95,45%) dan tidak tuntas 1 orang (4,55%). Hal ini menunjukan bahwa hasil tersebut yaitu 95,45% tuntas

Full Text:

PDF

References


Anggani Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo

Agus Arifin. 2012. Upaya Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melaui Bermain. Artikel.

Arikunto S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumidar. 2007. Dasar-Dasar Atletik. Jakarta: Depdikbud RI, Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Eddy Purnomo, Dapan. 2013. Dasar-Dasar Atletik. Yogyakarta: Alfamedia pada pukul 21:02 WITA.

http://walpaperhd99.blogspot.com/2013/11/lompat-jauh-gaya-jongkok-ortodock. html. diakses pada tanggal 15 Maret 2018 pada pukul 20:31 WITA.

http: // www. Kawandnews.com/2011/09 diakses pada tanggal 16 Maret 2018

Nasirin, C., & Mataram, S. P. S. (2013). Reformasi Administrasi Publik, Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 4(2), 92-99.

Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelajaran. Yogyakarta. BPFE.

Rusli Lutan. 2000. Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jeneral Olahraga, Depdiknas.

Saidihardjo. 2004. Pengembangan kurikulum ilmu pengetahuan sosial (IPS). Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada media group.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukintaka. 2001. Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v3i3.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.