PROFIL PROSES PENALARAN VISUOSPASIAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI TIGA DIMENSI DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GAYA KOGNITIF

Ronaldo Kho, Dewi Kristika N. Tyas

Abstract


Penalaran visuospasial sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan masalah matematika sekolah terutama masalah geometri khususnya geometri tiga dimensi, kemampuan penalaran visuospasial sangat diperlukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi profil penelaran visuospasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri tiga dimensi ditinjau dari tingakt kemampuan matematika dan gaya kognitif. Dengan demikian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP YPPK ST Paulus Abepura. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara berbasis tugas terhadap 6 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses penalaran visuospasial yang terjadi dalam menyelesaikan masalah matematika berbeda antara subjek satu dengan subjek yang lain. (2) Terdapat kesulitan yang dialami subjek penelitian pada saat mensintesis ide untuk membentuk bangun ruang berdasarkan tiga skema pandangan. (3) Pada tahap simpulan, hanya ada satu subjek yang berhasil menentukan bentuk akhir bangun ruang. Sedangkan lima subjek yang lain gagal dalam menentukaan bentuk akhir bangun ruang yang diminta.


Full Text:

PDF

References


Bell, F.H. 1978, Teaching and Learning Mathematics, (In Secondary School), IOWA.Wim C.Brown Company Publishers.

Kho, R. 2017. Menumbuhkembangkan Kemampuan visuospasial Siswa SMP Negeri 6 Pariem Supiori melalui Pengonstruksian Bangun Tiga Dimensi. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, Volume 1 Nomor 1.

Kho, R. 2016. Pembelajaran Geometri: Menumbuhkembangkan Kemampuan Visuospasial melalui Kegiatan pengosntruksian Bangun Geometri. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Unesa Surabaya.

Kho, R. 2015. Profil Penalaran Visuospasial Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Cenderawasih dalam menyelesaikan Masalah Geometri. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, volume 1 Nomor 1.

Kho, R. 2011. Penjenjangan Penalaran Visuospasial Siswa dalam Menyelesaikan

Masalah Geometri. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v3i3.525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.