Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Tingkat Focus Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas Vi Sd Negeri 9 Mataram)

Ira Dianti

Abstract


Penelitian ini merujuk pada fenomena dan tingkah pola hidup anak didik siswa SD dizaman sekarang ini, dimana banyak perilaku yang tidak sesuai dengan dunia anak , dikarenakan dampak pengaruh smartphone terhadap perilaku dan mental anak yang cenderung negative. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan smartphone serta terhadap kefokusan belajar siswa kelas VI SD Negeri 9 Mataram. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah diskriptif, metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru kelas VI dan orang tua siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone terhadap fokus belajar berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya, penggunaan smartphone menjadikan belajar lebih mudah dan menyenangkan sehingga durasi belajar menjadi lebih lama dan ketahanan belajar siswa tetap baik. Dampak negatifnya, fokus belajar belajar siswa lemah ditandai dengan siswa kurang tekun, kurang ulet, dan kurang termotivasi untuk belajar. 


Full Text:

PDF

References


Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chusna, P.A. (2017), Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media

Komunikasi Sosial Keagamaan, 17 (2), 315-330.

Daeng, I.T.M., Mewengkang, N.N., & Kalesaran, E.R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh

Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-

Journal “Acta Diurna”, VI (1), 1-15.

Hastuti. (2012). Psikolog Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher.

HB Pradana. (2020). Dampak penggunaan smartphone terhadap ketahanan belajar.E-jurnal Skripsi program studi Teknologi Pendidikan.

Kibona, L. & Mgaya, G. (2015). Smartphones’ Effects on Academic Performance of Higher Learning Students. A Case of Ruaha Catholic University – Iringa, Tanzania. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2 (4), 777-784.

Manumpil, B., Ismanto, Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado. EJournal keperawatan(e-Kep), 3 (2), 1-6.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ira Dianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.