Penanaman Karakter Religius di Sekolah Dasar

Sukarto Sukarto, Maulida Arum Fitriana

Abstract


Pendidikan karakter religius disekolah dasar merupakan, penelitian dengan tujuan untuk mengetahui proses pembentukan karakter religius disekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan tig acara yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan disktiftif kualitatif dan analisis data dilakukan dengan tig acara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan karakter religius dilakukan melalui beberapa acara sebagai berikut, 1) sholat dhuha berjamaah, 2) membaca AL-Qur’an, 3) membaca do’a-do’a, 4) membaca hadits,5) menghafal AL-Qur’an, dan 6) sholat dhuhur dan ashar berjamaah. Indikator-indikator karakter religius seperti ihlas, bersabar, tawakkal dan qona’ah belum terprogram disekolah tersbut namun kelihatan secra sepontanitas dilihat dari keseharian anak di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Disekolah. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakte: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukarto Sukarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.