Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis KaranganNarasi Melalui Penggunaan Metode Classroom ReadingProgram Siswa Kelas V SDN 1 Nunggi Tahun 2023

Syafruddin Syafruddin, Ihsan ihsan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan program membaca kelas bagi siswa. Penerima pengukuran adalah siswa kelas V SDN 1 Nunggi yang berjumlah 26 siswa. Pelaksana kegiatan adalah peneliti dan guru bahasa Indonesia serta kepala sekolah yang mendukung pelaksana. Data dikumpulkan melalui observasi, verifikasi dan dokumentasi. Bahan penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode program membaca di kelas dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 1 Nunggi. Hasil evaluasi kemampuan menulis karangan narasi didasarkan pada skor rata-rata siswa pada kondisi awal yaitu 56,42, sedangkan nilai rata-rata pada Siklus I adalah 65,6 yaitu terjadi peningkatan sebesar 9,18 dibandingkan kondisi baseline. Pada musim gugur II, nilai rata-rata siswa adalah 71,9, yaitu meningkat sebesar 6,3 dibandingkan rata-rata ujian Siklus I. Proporsi siswa yang memenuhi kriteria kesiapan juga meningkat yaitu pada kondisi awal sebesar 31% pada siklus I. meningkat 62% atau 31% dibandingkan dengan persentase kriteria ketuntasan yang terpenuhi pada kondisi awal, dan Siklus II mencapai 88% atau 26% peningkatan persentase kriteria ketuntasan bertemu di Siklus I.

Keywords


Keterampilan Menulis, Metode Classroom Reading Program

Full Text:

PDF

References


Adi Candra & Pius Abdillah. (2004). Kamus 250 Juta. Surabaya: Arkola Offset.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

DBE 2 – USAID. 2010. Modul Pelatihan Program Membaca. Jakarta: USAID.

Suparno dan Yunus. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syafruddin Syafruddin, Ihsan ihsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.