Hubungan Kelentukan Dan Keseimbangan Tubuh Dengan Ketepatan Sasaran Service Atas Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Klub Jewel Star Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016

Nurdin Nurdin

Abstract


Kelentukan dan Keseimbangan Tubuh merupakan suatu faktor penunjang ketepatan sasaran service atas dalam permainan sepak takraw pada atlet. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Kurangnya Ketepatan sasaran service atas dalam permainan sepak takraw Klub Jewel Star Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan kelentukan dan keseimbangan tubuh dengan ketepatan sasaran service atas  dalam permainan sepak takraw pada Klub Jewel Star Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelentukan dan keseimbangan tubuh dengan ketepatan sasaran service atas  dalam permainan sepak takraw pada Klub Jewel Star Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016.”Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Klub Jewel Star Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016. yang mempunyai jadwal latihan sepak takraw yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan dokumentasi. Teknik analisis data meggunakan statistik korelasi linier berganda. Dari hasil analisis korelasi ganda (R) diperoleh nilai = 0,544 lebih kecil dari nilai r tabel  dengan taraf signifikan 5% yakni 0,576. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kelentukan dan keseimbangan tubuh dengan ketepatan sasaran service atas dalam permainan sepak takraw Klub Jewel Star Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016

Keywords


Kelentukan, Keseimbangan Tubuh, Ketepatan Sasaran Service Atas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta PT Rineka Cipta.

Engel R, 2010. Dasar-dasar Sepak Takraw. Bandung : PT Intan Sejati.

Halim, I. Nur. 2011. Tes dan Kesegaran Jasmani : Prinsip-Prinsip dan Penerapann ya. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

Hulfian L, 2014. Penelitian Dikjas. Selong : CV. Garuda Ilmu. Iyarkus, 2012. Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press.

IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani : Prinsip-Prinsip dan Penerapannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Ditjen

Pendidikan Dasar dan Menengah Bekerjasama dengan Ditjen Olahraga. Sugiyono, 2012. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Yusup, U. dkk., 2001. Pembelajaran Pemainan Sepak Takraw : Pendekatan Keterampilan Taktis di SMU. Jakarta Pusat. Penerbit Direktorat Jenderal Olahraga.

Zalfendi, 2009. Permainan Sepak Takraw. Malang : Wineka Media




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurdin Nurdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.