Efektivitas Urin Ternak Dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Kacang Hijau (Vigna radiata)

Iwan Doddy Dharmawibawa

Abstract


Urin ternak dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair. Urin ternak merupakan hasil metabolisme dari dalam tubuh ternak yang memiliki kandungan unsur hara N, P, K sebagai penyubur tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas urin ternak (Kelinci, kambing dan sapi)dalam pembuatan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan vegetatif kacang hijau (Vigna radiata).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi dan dokumentasi menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Analisis data menggunakan uji Anova One Way. Sampel terdiri atas 4 perlakuan dengan pemberian dosis yang sama yaitu 40 ml/kg tanah dan di ulang sebanyak 6 kali. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, berat basah, dan berat kering tanaman.Hasil penelitian parameter tinggitanaman, jumlah daun, berat basah, dan berat kering tanaman menunjukkan nilai signifikan, sedangkan parameter diameter batang menunjukkan nilai tidak signifikan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa P1 (perlakuan dengan menggunakan urin kelinci) memberikan hasil yang terbaik pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun, P2 (perlakuan dengan menggunakan urin kambing) memberikan hasil yang terbaik pada parameter berat basah dan berat kering tanaman, P3 memberikan pengaruh negatif. Dari kelima parameter pengamatan ada 4 parameter pengamatan berpengaruh nyata yaitu pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan berat kering tanaman kacang hijau (signifikan) dan 1 parameter pengamatan tidak berpengaruh nyata terhadap parameter diameter batang tanaman.

Keywords


Efektivitas, Urin ternak, Vegetatif Kacang hijau (Vigna radiata).

Full Text:

PDF

References


Abdullah,L. D. S, Budhi danLubis, A. D., 2011. Pengaruh Aplikasi Urin Kambing dan Pupuk Cair Organik Komersial Terhadap Beberapa Parameter Agronomi Pada Tanaman Pakan Indigofera SP. Postural.Vol. 1 No.1

Anggrahini, S., 2014. Pengaruh Lama Perkecambahan Terhadap Kandungan A-Tokoferol dan Senyawa Prosimat Kecambah Kacang Hijau (Phaseolus radiates L.) . Anggritech. Vol,27 No. 4

Anonim, 2013. http://kliknurul.blogspot.co.id/Pengaruh-Volume-Penyiraman Terhadap.html.(Diaksespada hari minggu 10 Januari 2016)

Anonim, 2011.Kecambah Kacang Hijau, http://www.bing.com.Diakses 12 Januari 2016, 09.15 am.

Anonim, 2014.Biji Kacang Hijau, http://www.bing.com. Diakses 12 Januari 2016.09.20.

Amalia, Y., dan Sugianta. 2011. Penggunaan Pupuk Oranik Cair Untuk Mengurangi Dosis Penggunaan Pupuk OrganikPada Padi Sawah (Oryza sativa L)Institut Pertanian Bogor.

Ayub, S, P., 2010. Meningkatkan Hasil Panen Dengan Pupuk Organik. Agromedia Pustaka: Jakarta.

Bambang, S., 2007. Kacang hijau (Teknik Budidaya dan Analisis Usaha Tani). Aneka ilmu: Semarang.

Desiana , C, Banuwa, S. I, Evizal, R.dan Yusnaeni, S., 2013. Pengaruh Pupuk Organik Cair Urin Sapi dan Limbah Tahu Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L.). Jurnal Agrotek Tropika. Vol, 1 No 1.

Hidayani, S., 2014.Pemanfaatan Lumut Kerak (Lichenes) Sebagai Bioindikator Pencemaran Udara Dalam Upaya Pembuatan Brosur Pada Masyarakat. Ikip Mataram.

Huda, K, M., 2013.Pembuatan Pupuk Organik Cair Urin Sapi Dengan Aditif Tetes Tebu (Molasses) Metode Fermentase.

Hulopi, F.,2012 .Penggunaan Pupuk NPK Pada Tanah Bekas Pemberian Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Hijau.Buana Sains. Vol, 12 No 1.

Kusriningrum, R.S. 2010. Perancangan Percobaan. Surabaya: Airlangga University Press.

Mutryarny, E, Endrianidan Lestari , U., 2014. Pemanfaatan Urine Kelinci Untuk Meningkatan Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Varietas Tosakan Fakultas Pertanian.

Melissa, S., dan Royani.2014.Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.)Terhadap Pemberian PGPR (Plant Groth Promoting Rhizobakteri) Dari Akar Bambu dan Urin Kelinci.

Nurrohman, M., 2014.Penggunaan Fermentasi Ekstrak Paitan (Tithonia difersifolia L.) dan Kotoran Kelinci Cair Sebagai Sumber Hara Pada Budidaya Sawi (Brassica juncea L.) Secara Hidroponik Rakit Apung Universitas Brawijaya.

Ismaya, N, R, Parawansa dan Hamka. 2014. Inteval waktu pemberian pupuk organik cair urin sapi pada pertumbuhan dan produksi tanaman kangkung darat (Ipomoeareptans Poir). Jurnal Aggrisistem. Vol 10, No. 6

Rahayu, M, R., 2015. Pengaruh Lama Perendaman Terhadap Kualitas Telur Ayam Dengan Menggunakan Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guanjava L.) Dalam Upaya Pembuatan Brosur Bagi Masyarakat.Ikip Mataram

Rinekso, B, K, Sutrisno, E. dan Sumiyanti, S., Tanpa Tahun.Studi Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Fermentasi Urine Sapi (Ferias) Dengan Variasi Lokasi Peternakan Yang Berbeda Universitas Dipanegoro.

Roevicka, B., S. 2014. Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair Dari Sampah Dapur Terhadap Pertumbuhan Bibit Kacang Tanah (Arachis hypogeal) Dalam Upaya Pembuatan Brosur Bagi Masyarakat. Ikip Mataram.

Rositawati, S., 2009.Sehat Dengan Kacang Hijau, Citra Praya: Bandung.

Stefanie, R., 2013. Respon Pengunjung Terhadap Media Brosur Jatim Park 2.Jurnal E- Komunikasi.Vol, 1 No 1.

Sumarjani, 2013. Laporan Kegiatan Penyuluhan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Universitas Islam Kadiri.

Solikin, 2013. Pertumbuhan Vegetatif dan Generatif Stachytarpeta jamaicensis (L). Bogor.

Syafrina, S., 2009. Respon Pertumbuhan dan Reproduksi Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.) Pada Media Sub Soil Terhadap Pemberian Beberapa Jenis Bahan OrganiK dan Pupuk Organik Cair. Universitas Sumatera Utara.

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Alfabeta: Bandung.

Sufrianto, Hastuti, S, Prabowo, D, Setyawati, Yuwono, E, Andriani, J. dan Pudjiarti., 2012. Opimalisasi Pupuk Cair Urin Sapi Bunting dan Slury Biogas Metode Nanometer Untuk Meningkatkan Produktivitas Rumput Gajah. Universitas Jendral Sudirman.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i4.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Iwan Doddy Dharmawibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.