SEBUAH PENDEKATAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 7 DONGGO SATU ATAP

Abdur Rais

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar siswa terhadap materi bilangan bulat kelas vii smp negeri 7 donggo satu atap. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) masalah ini dicoba untuk diatasi dengan model pembelajaran dengan Metode Kontekstual. PTK dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII smp negeri 7 donggo satu atap dengan jumlah 30 siswa. Data diperoleh melalui observasi, pemberian tes uji kompetensi, dan penyebaran angket. Kemudian dianalisilis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasilnya dengan Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 7.73 dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran dengan metode kontekstual siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa dapat meningkatkan Prestasi belajar matematika siswa terhadap materi bilangan bulat kelas vii smp negeri 7 donggo satu atap.

Full Text:

PDF

References


Apodo Khamin, Pintar Matematika 4.

Jakarta: Cipta Prima Budaya, Agustus 2004.

Wardani, I-G-A-K; Wihardit K dan Nasution N (2000)

Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Utara

Wardani, I-G-A-K; Julaeha S dan Marsinah N (2000)




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.