MENGENAL TRADISI BARAPAN KEBO DI KABUPATEN SUMBAWA

Ranis Oktaviani

Abstract


Barapan kebo atau karapan kerbau merupakan permainan rakyat yang ada di Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Barapan kebo ini merupakan suatu tradisi masyarakat agraris Sumbawa termasuk Sumbawa Barat yang hingga kini masih hidup di “Tanah Samawa” (sebutan lain bagi Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat). Tradisi ini digelar oleh masyarakat Suku Samawa setiap menjelang musim tanam tiba.Konon ceritanya, barapan kebo merupakan acara selamatan yang muncul dari tradisi bertani masyarakat “Tanah Samawa”. Berangkat dari keinginan untuk menjadikan tanah yang mestinya siap ditanami padi sebanyak tiga kali. Dikarenakan jenis tanah di Pulau Sumbawa yang umumnya adalah tanah liat, maka barapan kebo diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu petani dalam membajak sawah agar tanah yang akan ditanami dapat teroptimalkan dengan baik.


Keywords


Tradisi, Barapan Kebo

Full Text:

PDF

References


http://kobarksb.com/?p=5360#sthash.h8Kp3OZD.dpbs kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1311/kepercayaan-dan-tradisi-suku-sumbawa

http://fajri-untuksumbawa.blogspot.co.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Sumbawa

http://protomalayans.blogspot.co.id/2012/11/suku-sumbawa-nusa-tenggara-barat.html

Imansyah, Yadi. "The Existence of Traditional Sport (Barapan Kebo) and Character Values of Barapan Kebo in the Society of Sumbawa Regency." Proceedings of The 1st International Conference on Innovative Pedagogy (ICIP) 2017. STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, 2017.

Rahman Hakim, Andi. PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA ADAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004 (Studi di Desa Dalam, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat). Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2007.

Mawarni, Heni, Sarwiji Suwandi, and Slamet Supriyadi. "Local Wisdom in Lawas (Poetry) Ponan Party Ceremony Society of Sumbawa Nusa Tenggara Barat." International Journal of Advanced Engineering, Management and Science 4.2 (2019).

Arfani, Ari. "Konstribusi Nilai-nilai Kearifan Lokal Dalam Membangun Harmoni Sosial Masyarakat Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat Pasca Pemilukada Tahun 2010." JURNAL PENDIDIKAN PKN 1.1 (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ranis Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.