Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Operasi Perkalian

Farlina Wardiyana Fatmala, Pujilestari Pujilestari

Abstract


Banyak siswa SMPN 7 Pujut mengalami kesulitan menyelesaikan operasi hitung perkalian. Oleh karena itu peneliti melakukan penerapan lattice multiplication method untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan lattice multiplication method untuk mengatasi kesulitan menyelesaikan operasi perkalian pada siswa kelas VIII SMPN 7 Pujut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pre and posttest design. Sampel penelitian ini merupakan perwakilan siswa dari setiap rombel pada kelas VIII SMPN 7 Pujut yang direkomendasikan oleh guru matematika karena mengalami kesulitan menyelesaikan operasi perkalian yang berjumlah 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis menggunakan uji  (paired sample t test) berbantuan SPSS 16.0 diperoleh data   dan dengan   diperoleh  yang artinya  .  Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes sebelum diterapkan metode perkalian latis (pretest) dengan hasil setelah diterapkannya metode perkalian latis (posttest) yang diperoleh siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi penolakan terhadap  sehingga  diterima dimana  berbunyi: ada pengaruh penerapan lattice multiplication method untuk mengatasi kesulitan menyelesaikan operasi perkalian pada siswa kelas VIII SMPN 7 Pujut.


Keywords


Lattice Multiplication Method, Kesulitan Menyelesaikan Operasi Perkalian

Full Text:

PDF

References


Astrawan, I G B. 2014. Penerapan Model Pembelajaran NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA: Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3(4): 227-242.

Lestari, Puji. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Segiempat Melalui Metode Inquiry Pada Siswa SMP Negeri 19 Mataram: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 1, No. 2.

Mujib, Abdul, dan Erik Suparingga. 2013. Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis. Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik. Yogyakarta.

Musfiqon, H.M. 2012. Panduan Lengkap Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rachman, N F., Syahrir., dan Puji Lestari. 2014. Penerapan Strategi PQ4R Dengan Penilaian Portofolio Untuk Menigkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Siswa SMA Negeri 1 Batu Layar: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 429-435.

Rahman, Ulfiani, Nursalam dan M. Ridwan Tahir. 2015. Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Makassar: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 3, No. 1.

Runtukahu, J.Tombokan, dan Selpius Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Susilo, Yudi, dan Siti Khadibah. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X: MATHEdunesa. Vol. 2, No. 2.

Sutarto, dan Syarifuddin. 2013. Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafidah. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan Dan Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Zubaidah, Margiati dan Hery Kresnadi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Lattice Di Kelas III Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i4.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Farlina Wardiyana Fatmala, Pujilestari Pujilestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.