Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan

Siti Nurhidayati

Abstract


Di lingkungan kampus terdapat beberapa slogan mengenai kebersihan, akan tetapi masih sering ditemukan mahasiswa yang membuang sampah sembarangan, sehingga para mahasiswa perlu untuk membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan kampus dan sekitarnya, karena kebersihan lingkungan kampus tidak bisa hanya dibebankan pada cleaning service, tetapi merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga kampus. Pendidikan karakter menamakan dasar agar mahasiswa mampu menghormati diri sendiri dan orang lain maupun lingkungan baik di dalam kelas, di luar kelas atau di lingkungan luas di tengah masyarakat. Pengintegrasian potensi lokal pada Pendidikan karakter akan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan rasa rormat pada lingkungan, karena mahasiswa dapat secara langsung mengaplikasikan apa yang dipelajari pada lingkungan kampus ataupun lingkungan sekitarnya dengan menggali banyak potensi lokal yang bisa dijadikan sumber belajar dari lingkungan. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus dengan tahapan sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi dan Evaluasi, 4). Refleksi. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa Semester 2  Program Studi Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Mataram. Instrumen penelitian ini berupa: Lembar observasi aktivitas mahasiswa, lembar observasi keterlaksanaan RPP, Lembar tes, dan lembar angket. Data-data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif. Keterlaksanaan RPP siklus 1 dan siklus 2 mencapai 100% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas mahasiswa pada siklus 1 mencapa1 85% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus 2 mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Evaluasi pembelajaran pada penelitian ini dilakukan setiap akhir siklus untuk memperoleh data tentang hasil belajar mahasiswa dan rasa hormat/kepedulian mahasiswa pada lingkungan kampus. Hasil belajar mahasiswa pada siklus 1 mencapai KK 82%, dan meningkat pada siklus 2 mencapai KK 89%. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh bahwa rasa hormat/kepedulian mahasiswa pada lingkungan kampus mencapai 85% dengan kategori tinggi dan meningkat mencapai  95% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan: Pengintegrasian potensi lokal pada mata kuliah Pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar dan rasa hormat mahasiswa pada lingkungan.


Keywords


Potensi Lokal, Pendidikan Karakter, Hasil Belajar, Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Z. 2008. Seri Budi Pekerti Kebersihan. Yogyakarta: Karisma.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cpta.

Fuadati, M., dan Wilujeng, I. 2019. Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 5. No. 1, Th 2019, hal 98-108.

Ilma, S., & Wijarini, F. 2017. Developing of environmental education textbook based on lokal potencities. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, Vol 3 No.3 hal 194

Ilma, S., & Wijarini, F. 2018. Efektivitas Buku Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Potensi Lokal Tarakan. Pedagogi, Vol. 2, No. 1 Maret 2018

Juniati, E., dan Sari, W.P. 2016. Integrasi Potensi Lokal Pada Pembelajaraan SL Terhadaap Pembentukan Learner Softskill Untuk Memecahkan masalah Lingkungan. Prosiding Symposium on Biology Education. Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitar Akhmaad dahlan, 27 Agustus 2016.

Nurhidayati, S., dan Khaeruman, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Mandala, Vol 2 (2). 2017.

Sudiana, I.M., dan Sudirgayasa, I.G. 2015. Integrasi Kearifan LOkal Bali dalam Buku Ajar Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bali, Vol 5 no. 1 April 2015, hal 181-200.

Sogiono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i4.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Nurhidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.